Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Cepat Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

31 Maret 2015 | 31.3.15 WIB Last Updated 2015-03-31T12:42:59Z
Jerawat Batu atau bahasa ilmiahnya Cystic Acne adalah jerawat dengan ukuran yang cukup besar, lebih besar daripada jerawat biasa karena peradangan yang sangat hebat. Jerawat batu selain ukurannya yang besar juga sangat menyakitkan. Selain itu, bisa tumbuh dimanapun diseluruh bagian wajah. Jerawat batu adalah benjolan pada kulit wajah seperti bisul, warnanya cukup mencolok dan bertekstur kasar. Jerawat batu biasanya disertai dengan peradangan sehingga terkadang terasa nyeri. Jika tidak segera ditangani tentu akan sangat mengganggu penampilan dan estetika wajah. Apakah Anda ingin menghilangkan jerawat batu? Banyak cara dan tips di internet mengenai cara menghilangkan jerawat batu.  

 Namun, tips caramenghilangkan jerawat batu tersebut tidak memberikan informasi secara lengkap mengenai penyebab jerawat dan jenis jerawat. Padahal untuk menghilangkan jerawat, Anda harus mengetahui penyebab jerawat dan jenis jerawat Anda. Penyebab jerawat dan jenis jerawat yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula. Jerawat adalah timbulnya bintik-bintik kecil di permukaan kulit kadang disertai dengan kantung nanah dan kulit yang meradang. Timbulnya jerawat biasanya muncul di kulit wajah, kulit punggung, leher, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Salah satu pemicu munculnya jerawat adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran sehingga kelenjar minyak tidak dapat keluar. Seperti yang dikutip dari Wikipedia, seorang ahli peneliti masalah jerawat yang bernama Kligmann berpendapat bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Penyebab Timbulnya Jerawat

 

Penyebab timbulnya jerawat selain karena pori-pori yang tersumbat juga karena faktor yang lain diantaranya faktor hormonal, stress, gangguan pencernaan, dl.  Faktor hormonal biasanya dialami oleh Anda yang berusia 12 sampai dengan 23 tahun. Penyebab munculnya jerawat pada usia ini adalah karena pada masa ini Anda sedang mengalami pubertas sehingga terjadi perubahan hormon yang tidak stabil. Perubahan hormon ini merangsang kelenjar sebasea (kelenjar pengahsil minyak) menghasilkan minyak yang berlebihan. Keluarnya minyak yang berlebihan ini memicu bakteri berkumpul di dalam pori-pori kulit sehingga kulit menjadi tersumbat. Bakteri yang menyumbat pori-pori kulit ini menimbulkan iritasi dan peradangan kulit. 
Jangan khawatir terhadap peradangan kulit karena peradangan ini adalah proses alami tubuh untuk membunuh bakteri. Selain usia pubertas, bagi Anda yang mengalami menstruasi munculnya jerawat adalah suatu hal yang wajar karena tubuh sedang mengalami perubahan hormonal. Selain karena factor hormonal, penyebab jerawat yang lain diantaranya karena polusi udara, konsumsi Pil KB, terlalu banyak mengkonsumsi cokelat, kurang minum air putih, merokok, konsumsi minuman beralkohol, alergi kosmetik, alergi makanan, kurangnya vitamin A, dan tangan kotor menyentuh wajah. Pastikan penyebab jerawat mana yang Anda alami kemudian lakukan tindakan penyembuhan yang tepat.

Tanaman Obat Herbal Alami yang Ampuh Menghilangkan Jerawat Batu

Ada banyak tanaman herbal di sekitar tempat tinggal kita yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat batu. Pada prinsipnya tanaman herbal ini adalah mengandung zat anti radang, zat anti bakteri/kuman, dan nutrisi kulit. Keunggulan obat herbal alami dibandingkan obat kimia adalah obat herbal alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Oleh sebab itu, apa salahnya Anda menggunakan tanaman obat herbal alami ini untuk menghilangkan jerawat batu.
cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat

Tanaman Mahkota Dewa
 
Khasiat mahkota dewa untuk mengobati jerawat – Anda dapat memanfaatkan daun mahkota dewa dan umbinya untuk mengatasi jerawat. Hal ini bisa mengurangi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat batu. Daun mahkota dewa, buah mahkota dewa, dan umbi daun dewa dapat mengatasi jerawat karena mempunyai kandungan zat anti radang dan zat anti iritan. Untuk mengurangi jerawat Anda dapat menghaluskan semua bahan dan tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.
Tanaman Sidaguri
 
Cara mengobati jerawat batu dengan sidaguri - Lakukanlah penguapan pada wajah yang berjerawat dengan menggunakan sidaguri setiap hari atau dua hari sekali. Caranya cukup mudah, rebuslah sidaguri dan daun mahkota dewa pada 2 gelas air putih. Setelah rebusan Sidaguri mendidih, uapi wajah Anda dengan uap hasil rebuasan tadi. Lakukanlah secara hati-hati, wajah jangan terlalu dekat dengan sumber uap agar tidak terlalu panas.
Buah Mengkudu
 
Cara Mengobati jerawat batu dengan mengkudu - Buah mengkudu atau Pace (Jawa) dan gula batu bermanfaat untuk membersihkan darah kotor. Dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu dapat menghilangkan jerawat batu dan jenis jerawat lainnya. Caranya tidaklah sulit. Pertama siapkan buah mengkudu dan tambahkan gula batu secukupnya kemudian masukan dalam blender untuk dibuat jus. Kemudian saring buah mengkudu yang telah diblender. Tuangkan jus tersebut pada gelas dan aduk hingga merata. Jus ini dapat dikonsumsi setiap hari agar jerawat sembuh dengan maksimal.
Bawang Putih
 
Khasiat bawang putih untuk menghilangkan jerawat batu - Bawang putih berkhasiat untuk mencegah jerawat. Caranya bisa dengan diiris-iris atau ditumbuk halus. Oleskan bawang putih tersebut pada bagian wajah terindikasi akan tumbuh jerawat batu. Hal ini diyakini ampuh mencegah timbulnya jerawat. Jadi sebelum jerawat membesar cegahlah dengan bawang putih, gejala jerawat akan mengering sebelum meradang hebat. Lakukan hal ini selama 3 hari berturut - turut.
Masker Kentang
 
Manfaat Kentang menyembuhkan jerawat batu - Kentang ternyata ampuh menghilangkan jerawat batu. Caranya sangat sederhana, parutlah atau blender bawang kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat. Setelah beberapa menit, bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Lakukanlah secara rutin agar jerawat batu Anda segera sembuh.
Putih Telur dan Madu
 
Minyak berlebih pada wajah akan menyebabkan kotoran mengendap sehingga pori-pori kulit wajah akan tersumbat. Ramuan ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Cara membuat ramuannya yaitu dengan cara mencampurkan satu sendok teh putih telur dan satu sendok madu kemudian mengoleskannya pada wajah.

Untuk penanganan lebih lanjut sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter kecantikan sehingga penanganannya dapat dilakukan secara tepat. Namun, tentu saja Anda harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit .Sekian tips cara menghilangkan jerawat batu secara alami, semoga bermanfaat. 

×
Berita Terbaru Update