Gubernur Sumbar Akui Ali Mukhni Bupati Terhebat




Bupati Padangpariaman Ali mukhni mengatakan bahwa kawasan Patamuan memang patut diperhatikan, khususnya terkait ketersediaan saluran pengairan secara permanen. Sebab, kata dia, di kecamatan ini, khususnya di Nagari Sungai Durian terdapat aliran sungai yang punya kontribusi bagi terjadinya sejumlah bencana.

Hal tersebut ia ungkapkan pada peresmian daerah Irigasi Ujung Gunuang, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Rabu (25/3)

"Karena itu kami berharap kepada gubernur untuk turut membantu pembangunan sejumlah saluran pengairan sepanjang 3 km di bagian hulu, disamping rehabilitasi bendungan yang diresmikan hari ini," katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam kata sambutannya pada kesempatan itu memuji semangat Ali Mukhni dalam memperjuangkan anggaran bagi pembangunan di Padangpariaman, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD Sumbar. "Kecil-kecil cabe rawit. Lincah. Begitulah pak Ali Mukhni," sebutnya.

Gubernur juga menyinggung semangat bupati yang patut dicontoh. Ia mengakui bisa meyakinkan Pemerintah Provinsi untuk mengucurkan dana di Dinas DPSA untuk masyarakat Padangpariaman.

"Bayangkan dari 60 proyek PSDA di Sumbar, 31 di Padangpariaman. Ini luar biasa," katanya.

Kalau bupati konsisten seperti saat ini, gubernur berjanji pemprov akan terus mendukung.
"Mintak ciek kami agiah limo," kata Politis PKS itu.

Satu lagi kelebihan Ali Mukhni, kata Irwan, adalah kenyataan bahwa dari sekian banyak proyek di Padangpariaman, tak satupun yang bermasalah dengan pembebasan lahan.

"Rata-rata di Sumbar, khususnya terkait pembangunan irigasi selalu bermasalah. Tapi di daerah Pak Ali Mukhni ini tidak terjadi," kata Putra Kuranji itu.

Dari yang ia dengar sendiri, Irwan mengaku kerap mendapatkan informasi bahwa Ali Mukhni sangat pandai menyelesaikan urusan tanah. "Sejumlah bupati dan walikota di Sumbar ini sudah pernah saya panggil gara-gara pembebasan lahan untuk proyek bermasalah. Kecuali pak Ali Mukhni saja yang tidak saya panggil urusan ini," katanya.

Normalisasi dan penguatan tebing Sungai Sariak adalah proyek yang dijanjikan gubernur akan dianggarkan tahun ini.

"Alun bupati mamintak, alah kami agiah," katanya lagi.

Pada kesempatan itu Irwan Prayitno mendapatkan ungkapan terima kasih masyarakat Padangpariaman berupa piagam yang diserahkan oleh Wali Nagari Sungai Durian, Nusirwan Nazar dan Wali Nagari Lareh Nan Panjang, Akhiruddin.

"Saya merasa terharu menerima apresiasi dari masyarakat Padangpariaman. Baru kali ini kerja keras kami mendapatkan piagam penghargaan. Insya allah, piagam ini akan saya pajang di Gubenuran," pungkas Mantan Anggota DPR RI itu.


HA/OLP