Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sulit Dipungkiri Kemajuan SMKN 3 Pariaman Kian Pesat

2 November 2014 | 2.11.14 WIB Last Updated 2014-11-02T03:07:46Z



Sebanyak 230 orang  siswa  SMKN 3 Kota Pariaman selesai mengikuti latihan dasar ketarunaan dan setelahnya dilakukan pelantikan Taruna/Taruni SMKN 3 Kota Pariaman  di halaman SMKN 3 Kota Pariaman, Sabtu (01/11/2014).

Taruna/taruni baru SMKN 3 Kota Pariaman  dilantik langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, bersama Kepala Sekolah SMKN 3, Rafuddin, pelatih yang didatangkan dari TNI AL Lantamal II Teluk Bayur Padang dengan instruktur Pelda Marinir Mansur, dan disaksikan oleh Majelis Guru beserta orangtua para taruna.

Kanderi mengatakan, latihan dasar ketarunaan bertujuan untuk membentuk sikap disiplin, bertanggungjawab, jujur, tekun serta tidak pantang menyerah dalam bekerja. Selain itu, sebutnya, latihan dasar juga membuat sehat dan kuat baik secara fisik maupun mental para taruna. Dia juga mengatakan dengan latihan dasar, para taruna juga dibentuk karakter dan diberikan serapan ilmu agar para taruna mengenal budaya dan mampu berkomunikasi dan mengakses informasi, mampu beradaptasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter dari lulusan yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

"Program peningkatan kualitas sangat diperlukan dengan memperbanyak waktu belajar dan mengurangi waktu mubazir sesuai dengan program pendidikan Pemko Pariaman dalam penerapan sistem Full Day School," tambah Kanderi.

Selama latihan, para calon taruna/taruni  ini mendapat pelatihan dari tim pelatih yang didatangkan dari TNI AL Lantamal II Teluk Bayur Padang dengan instruktur Pelda Marinir Mansur, yang melatih tentang kedisiplinan para siswa taruna agar tertib dalam pelaksanaan aturan dan patuh terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku, terutama menyangkut himbauan kepada orangtua siswa dalam melarang anak-anaknya dalam memakai kendaraan bermotor menuju sekolah dikarenakan belum memiliki SIM ( surat izin mengemudi).

Dikesempatan itu, Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Pariaman, Rafuddin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Pariaman dan dukungan masyarakat Kota Pariaman dalam mencapai tujuan bersama membangun karakter dengan menjalin hubungan jembatan hati antara pihak sekolah dengan orangtua siswa yang bahu-membahu mendidik para siswa dalam upaya pembangunan karakter dan sikap positif.

Kepala Sekolah juga menambahkan tujuan pendidikan dan latihan ketarunaan ini supaya mereka memiliki mental yang kokoh, fisik kuat dan terlatih, serta memiliki disiplin yang tinggi, selain itu dapat membentuk kepribadian, berakhlak serta bertanggung jawab  atas setiap keputusan yang diambilnya.

"SMKN 3 Kota Pariaman juga telah mulai dilirik dan menjadi daya tarik bagi lulusan SMP/sederajat baik yang ada di Kota Pariaman maupun dari daerah luar Kota Pariaman, hal ini terwujud karena SMKN 3 telah mampu menjalin kerjasama dengan pihak-pihak industri Nasional dan Internasional dalam praktek kerja lapangan, bahkan secara nasional siswa praktek dari SMKN 3 terbanyak dalam jumlahnya yang ikut praktek kerja ke Jepang," tutup Rafuddin.

Para siswa yang sudah sah menjadi taruna SMKN 3 Kota Pariaman mengucapkan janji taruna dan menjadi siswa yang bertaqwa, disiplin, bertanggung jawab, selalu gigih mencapai kompetensi, mengormati guru dan orang tua, hingga cinta bangsa dan negara.


Phaik/OLP
×
Berita Terbaru Update