Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rasakan Berdiri dan Dempet Bersama, Genius Buktikan Manfaat Bus Sekolah Gratis Bagi Pelajar

6 November 2014 | 6.11.14 WIB Last Updated 2014-11-06T14:13:53Z



Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, S.Sos, M.Si, menyengajakan diri memantau langsung kondisi operasional bus sekolah gratis program Pemerintah Kota Pariaman, Kamis (6/11). Didampingi Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, Agusriatman, Genius rela berdesak-desakan dengan pelajar yang tumpah-ruah menumpangi bus sekolah tujuan akhir SMAN 5 Pariaman.

Sambil berdiri di dalam bus yang dilengkapi pegangan bagi penumpang berdiri, Genius juga menyempatkan bercengkrama dengan murid-murid SD, SMP, SMA yang menumpangi bus sekolah gratis itu.

Genius mengatakan, selama ini dia hanya menerima laporan tentang banyaknya antusiasme pelajar yang menaiki bus sekolah. Untuk membuktikannya, lanjut Genius, dia menumpangi bus sekolah dari rute awal keberangkatan, mulai dari Simpang Tabuik (Jln. A yani) menuju pemberhentian akhir SMAN 5.

“Ternyata benar, bus ini sangat besar manfaatnya. Pelajar selalu memenuhi bus ini, mulai dari yang berdiri sampai ada juga pelajar SD yang dipangku oleh penumpang lain. Memang program ini dibuat untuk meringankan beban ekonomi para walimurid. Mereka yang selama ini memerlukan biaya untuk menuju sekolah, sekarang sudah tidak lagi. Serta, dengan adanya bus sekolah tentu bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas yang mayoritas disebabkan oleh pengendara (remaja bawah umur) yang ugal-ugalan di jalan raya,” kata Genius bahagia.

Dituturkan Genius, saat ini baru ada satu bus melewati satu rute trayek. Namun, lanjut Genius, beruntung letak sekolah sampai ke pemberhentian akhir bus sekolah berjauhan, jadi penumpang bisa naik turun.

"Kalau tidak, bus ini tidak akan sanggup menampung jumlah siswa yang begitu banyak,” imbuh Genius setelah melihat banyaknya pelajar yang menumpangi bus itu untuk menuju sekolahnya masing-masing.

Kepada pelajar, didalam bus, Genius mengatakan bahwa pada Tahun 2015, Pemko Pariaman akan menambah 6 unit bus lagi melengkapi bus sekolah yang ada. Kemudian seiring menambah trayek baru.

"Dan rute ini akan ditambah satu armada bus sekolah lagi. Tentunya dengan mobil yang baru dan fasilitas yang lebih baik dari ini,” ujar Genius disambut tepuk-tangan gembira para pelajar.

Didampingi Agusriatman, Genius berpesan kepada seluruh pelajar agar memanfaatkan fasilitas bus sekolah yang disediakan oleh pemko ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami akan selalu memperhatikan kebutuhan dunia pendidikan. Tongkat estafet negeri ini ada pada tangan kalian, belajarlah dengan giat untuk menggapai masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Setelah menuruni bus sekolah di SMAN 5, tanpa agenda, Genius menyempatkan diri melihat kondisi pembangunan yang sedang berlangsung di SMAN 5 Pariaman tersebut.

Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update