Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Liputan Khusus: Berguru "Agama Baru" ke Ibukota

25 November 2014 | 25.11.14 WIB Last Updated 2017-07-24T16:14:17Z



Pemerintah Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman berencana akan mengadopsi sistem teknologi informasi yang diterapkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. 

Sistem informasi DKI tersebut meliputi semua jenjang, yaitu memberikan data info pemerintahan dari yang terendah hingga tertinggi, termasuk semua sektor-sektor terkait pelayanan publik, dalam sub domain website pemerintah DKI Jakarta. 

Artinya, data kelurahan dikelola oleh aparatur yang diberikan akses data admin, kemudian diupload ke website sehingga warga DKI dengan mudah memperoleh informasi terkait sektor pemerintahan dan pelayanan publiknya.



Studi banding sharing informasi tentang PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) tersebut berlangsung di Gubernuran DKI Jakarta. 


Rombongan yang dipimpin oleh Kabiro Humas Sumbar, Irwan, bersama seluruh Kabag Humas kota dan kabupaten se Sumatera Barat, Kamis (20/11) mendapat penuturan panjang asal muasal diterapkannya sistem informasi tersebut di pemprov DKI.



Menurut Eko Hariadi, Kabid Informasi Publik pemprov DKI, seluruh badan publik adalah PPID, yang sebelumnya bersifat sentralistik.

"Setiap SKPD harus mampu akomodir informasi sesuai Pergub 48 Tahun 2013. Teknologi informasi bagaikan "agama baru" yang mengubah peradaban kita. Teknologi informasi membantu keseharian kita," kata Eko, disela presentasinya.

Menurutnya, seluruh data disajikan di www.jakarta.go.id oleh PPID yang tersebar diseluruh DKI.

"Kami sediakan semua data, termasuk RKA yang bisa di download siapa saja. Jadi, setiap SKPD dan UKPD beserta semua instansi punya PPID. Kemudian kita juga terima aduan masyarakat secara online, baik lewat facebook, email, maupun SMS," imbuh dia semangat.

Sebagaimana yang dikatakan Kabag Humas Padangpariaman Hendra Aswara, Humas tidak bisa handle semua informasi. Untuk itu, kata Hendra, pemkab Padangpariaman akan membuat PPID ditiap-tiap SKPD.

"Kita akan adopsi sistem PPID nya DKI di Padangpariaman. Insya Allah akan terwujud di 2015. Peraturan Bupati tentang PPID sudah dikeluarkan," kata Hendra.

Kunjungan tersebut berlanjut hingga melihat langsung ruang aktifitas kantor pusat data website pemprov DKI yang terlihat sibuk. Masing-masing aparatur yang bertugas disana bekerja dengan mobilitas tinggi, fokus, dan penuh konsentrasi.

Di akhir acara pertemuan, Kabag Humas Kota Pariaman, Hendri, memberikan Majalah Tabuik sebagai buah tangan Pemko Pariaman untuk Pemprov DKI yang diterima oleh Eko Hariadi.

OLP
×
Berita Terbaru Update