Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tinjau Ruang Perekaman KTP-El, Ali Mukhni Berpesan Jaga Standar Pelayanan

21 Oktober 2014 | 21.10.14 WIB Last Updated 2014-10-21T12:36:34Z
Bupati Ali Mukhni didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil M. Fadhly, memeriksa kelengkapan alat-alat cetak KTP-El di kantor setempat, Selasa (21/10)



Bupati Padangpariaman Ali Mukhni melakukan peninjauan pelayanan  pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berkantor di Pariaman, Selasa (21/10). Kunjungan mendadak ini dimaksudkan untuk meninjau kesiapan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melakukan pencetakan setelah semua kewenangan diberikan oleh pemerintah pusat dalam menerbitkan KTP-El (KTP Elektronik).

Dalam kunjungannya tersebut, bupati memeriksa kelengkapan alat-alat cetak KTP-El yang sudah diterima dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Selain itu, dia juga meninjau kesiapan operator dalam menerima pelayanan. Pada kesempatan tersebut, ia berpesan agar standar pelayanan yang sudah berjalan selama ini tetap dipertahankan kualitasnya bahkan ditingkatkan terus menerus sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan.

"Saya apresiasi kesiapan jajaran Disdukcapil dalam pelayanan prima kepada masyarakat. Pesan saya, Jagalah standar pelayanan. Layani masyarakat dengan sepenuh hati," sebut Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Gubernur Sumatera Barat, Terbaik ke-2 Nasional dalam program KTP-El dan sudah berstandar ISO 9001-2008, pada saat ini sedang fokus untuk melengkapi kebutuhan pelayanan, baik di lingkungan kantor maupun pelayanan outdoor (pelayanan keliling).

Menjawab tantangan UU No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang mensyaratkan pemerintah proaktif menjemput pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman sedang menyiapkan beberapa pogram pelayanan langsung yang akan dilaksanakan di tahun 2015.

Sistem registrasi akta secara online juga akan diuji-cobakan pada akhir tahun ini bekerjasama dengan Bagian Pengolahan Data Elektronik Sekretariat Daerah Kabupaten Padangpariaman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman.

Dalam keterangannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman, M. Fadhly S.AP, MM menjelaskan bahwa program-program tahun 2015 sedang disiapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, terutama dalam hal KTP-El. Kata dia, saat ini dinas belum bisa melakukan pencetakan karena masih menunggu blangko KTP-El yang merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam pengadaannya. Tetapi, imbuhnya, KTP regular masih tetap berlaku sampai KTP-El diterima oleh masyarakat.

“Untuk kesiapan pencetakan KTP-El, saat ini kita hanya menunggu blangko KTP-El saja. Kita juga mengusulkan untuk pengadaan kendaraan microbus yang nantinya direncanakan untuk memperlancar pelayanan keliling ke nagari-nagari. Mudah-mudahan disetujui oleh TAPD. Kantor Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Sungai Limau juga akan ditingkatkan efektifitasnya,” ujar Fadhly.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga menjelaskan bahwa dia dan tim kerjanya sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada melalui  kerjasama dengan Bagian Organisasi dan PAN Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman dalam pengukuran Indeks Kepuasan masyarakat (IKM).

“Sesuai arahan Pak Bupati, mudah-mudahan kami bersama dapat meningkatkan IKM dari angka yang dicapai pada tahun lalu,” ujarnya mengakhiri.


HA
×
Berita Terbaru Update