Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jalan Lingkar Duku-Sicincin dan Stadion Utama Sumbar, Bukti Akselerasi Ali Mukhni Genjot Infrastruktur Padangpariaman

28 Agustus 2014 | 28.8.14 WIB Last Updated 2014-08-28T01:20:40Z
 Bupati Ali Mukhni dengan memakai sendal jepit meninjau lanjutan pembangunan jalan lingkar Duku-Sicincin bersama Kadis Pekerjaan Umum Zainir di Kapalo Hilalang, Kec. 2x11 Enam lingkung, Selasa (26/8).


Jalan lingkar Duku-Sicincin dijadwalkan telah dapat digunakan masyarakat pada lebaran tahun 2015 mendatang. Pembangunan jalan lingkar tersebut sebagai solusi untuk mengurai kemacetan di pasar Sicincin dan pasar Lubuk Alung di jalan lintas Padang-Bukittinggi.

Hal itu dikatakan Bupati Ali Mukhni saat meninjau lanjutan pembangunan jalan Duku-Sicincin bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Zainir di Kapalo Hilalang, Kec. 2x11 Enam lingkung, Selasa (26/8).

"Alhamdulillah, sekarang sedang dikerjakan empat buah jembatan yang menghubungkan jalan lingkar Duku-Sicincin yaitu jembatan Buayan, Koto Buruak, Pasie Laweh dan Kapalo Hilalang. Sesuai koordinasi dengan Pak Gubernur, Insya allah, lebaran tahun depan jalan lingkar Duku-Sicincin telah dapat digunakan," kata Bupati yang terkenal gigih itu.

Ditambahkannya, jalan lingkar Duku-Sicincin telah dirintis selama 13 tahun lalu sejak kepemimpinan mantan Gubernur Zainal Bakar saat itu. Namun, berbagai persoalan dan rintangan dihadapi terkait pembebasan tanah. Dengan pendekatan yang efektif dilakukan, maka baru terealiasi pada tahun 2014 ini. Jadi, telah tiga kepemimpinan Gubernur sumbar yang merintis sejak Zainal Bakar, Gamawan fauzi dan Irwan Prayitno.

Ali Mukhni mengatakan bahwa pembangunan jalan lingkar Duku-Sicincin sangat strategis untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sumarea Barat. Dia beralasan dengan dibukanya jalan lingkar tersebut akan semakin banyak pembangunan infrastruktur bertaraf internasional.

Ia memaparkan bahwa saat ini telah dilakukan pembayaran tanah untuk stadion utama untuk persiapan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2025 mendatang. Main stadion dengan luas 50 hektar tersebut diproyeksikan sebagai salah satu pusat kegiatan olahraga terpadu terbaik di Indonesia. Selanjutnya, sedang dilakukan kajian teknis untuk pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP).

"Dengan banyak pembangunan infrastruktur diantaranya Main Stadion, Kampus UNP maka akan memacu tingkat pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Dampaknya Lubuk alung menjadi Kota satelit di Sumbar," kata Ali Mukhni optimis.

Ali Mukhni mengajak seluruh pihak baik ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang, wali nagari, perantau dan pemuda untuk mendukung pembangunan yang menyangkut harkat hidup orang banyak itu. Ia mengingatkan bahwa motto dalam membangun Padangpariaman dengan kebersamaan.

"Saya apresiasi kepada seluruh pihak yang bekerja keras mendukung pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat karena saya hanyalah manusia yang lemah, tidak punya kekuatan apapun, hanya ridho Allah yang memudahkannya. Dan kita sepakat punya satu motto 'dengan kebersamaan kita bangun Padangpariaman'," ujar Bupati lulusan Harvard Kennedy School di Amerika Serikat.


HA
×
Berita Terbaru Update