Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Agar Mampu Bersaing, Dinsosnaker Kota Pariaman Latih Calon Tenaga Kerja ke Jepang

12 Agustus 2014 | 12.8.14 WIB Last Updated 2014-08-12T12:53:36Z
                    
                 

Daya saing tenaga kerja kita secara umum masih belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan, sebagian besar pencari kerja di Kota Pariaman masih belum sesuai dengan Kondisi yang diharapkan, hal ini dikernakan hanya memiliki keterampilan umum, penguasaan teknologi informasi serta kemampuan bahasa asing yang relatif terbatas, demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Afnil saat membuka acara Pelatihan Pra Seleksi Magang Ke-Jepang Tahun 2014, di Gedung BPKB Rawang, Rabu (12/08/2014).

Kata dia, dengan keterbatasan tersebut, dan mengingat peserta dari kota Pariaman yang lolos seleksi sangat sedikit, maka untuk mengatasi hal ini, diperlukan pelatihan yang dapat membekali calon peserta magang ke Jepang menghadapi seleksi tingkat pusat yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 September 2014 oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.

"Pelatihan ini berbentuk persiapan kemampuan Fisik, mental dan Kepercayaan diri calon peserta yang akan mengikuti seleksi," sebut Afnil.

Afnil berharap, dengan diadakannya pelatihan, maka tahun ini akan banyak Pencaker yang bisa lolos untuk dapat bekerja di Jepang. Sementara itu, Anilta, Kabid Dinsosnaker menyebutkan bahwa Tujuan Pelatihan ini selain sebagai persiapan untuk calon peserta yang akan ikut seleksi juga sebagai cara untuk mengurangi pengangguran yang ada di Kota Pariaman.

"Peserta yang ikut pelatihan merupakan peserta yang telah lulus seleksi administrasi, dimana berusia 20-26 Tahun saat keberangkatan," sebut Anilta.

Narasumber dari acara ini adalah LPK Hinomaru Padang dan Alumni magang di Jepang, Niko Rozanta. Lama Pelatihan yakni tanggal 12-31 Agustus 2014. Peserta diberikan Alat Tulis dan makan. Peserta yang dilatih sebanyak 16 Orang.

(nesya)
×
Berita Terbaru Update