Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Alam: Air Terjun Baburai, Sikucur, Kp. Dalam

17 Mei 2014 | 17.5.14 WIB Last Updated 2014-05-17T13:51:58Z



Memanfaatkan waktu libur akan terasa nyaman dan asyik apabila kita ber-tamasya ke objek wisata alam yang indah dan alami (nature).

Nah, ini dia Air Terjun Baburai, sebuah objek wisata alam yang terdapat di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kp Dalam, Kab. Padangpariaman, Sumbar.

Mendengar namanya saja kita sudah tertarik, (baburai artinya bertebaran atau bergerai seperti rambuat panjang yang dibiarkan terurai kebawah) apalagi bila kita benar-benar bisa berkunjung dan bercengkrama dengan pesona alamnya nan indah dan masih alami itu.

Untuk mencapai lokasi air terjun baburai ini, kita hanya menempuh perjalanan sekitar 78 km dari kota Padang atau 20 km dari kota Pariaman, tentunya perjalanan ini semakin menarik karena di kiri dan kanan sepanjang perjalanan kita bisa menyaksikan keindahan alam dengan sawah dan pegunungan yang menghijau serta jalan yang penuh lika liku.

Daralih (55), salah seorang pedagang di sekitar air terjun baburai mengatakan  bahwa setiap hari selalu ada pengunjung yang datang, tentunya paling ramai adalah pada hari sabtu dan minggu serta hari libur lainnya. Katanya, pengunjung yang datang biasanya adalah kalangan keluarga, mahasiswa, dan kalangan pelajar anak sekolah.

Wali Nagari Sikucur Masril, mengatakan, bahwa air terjun baburai ini sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak awal tahun 2013 lalu. Bersamaan dengan itu pembenahan fasilitas dilokasi objek wisata ini sudah mulai dilakukan pembangunan nya melalui dana PNPM Mandiri dan APBD padangpariaman.

Menurut Masril, untuk menunjang menuju kawasan air terjun baburai ini telah dibangun berupa tangga untuk memudahkan pengunjung yang datang untuk menyaksikan gemercik air terjun tersebut, dan di area kawasan air terjun itu juga terdapat sebuah PLTA mini yang listriknya untuk menerangi masyarakat sekitar, serta sebuah bendungan PDAM air bersih yang nantinya juga bermanfaat untuk masyarakat.

Harapan masyarakat dan pengunjung, kata Masril, adalah perbaikan sarana jalan menuju lokasi air terjun baburai ini, karena itu pintanya, Bupati Padangpariaman melalui dinas PU padangpariaman dapat segera hendaknya melakukan pengaspalan ke jalan masuk menuju air terjun baburai tersebut.

Di nagari sikucur ini tidak saja air terjun baburai yg ada, tetapi ada banyak air terjun yg bisa dikembangkan sebagai objek wisata, yaitu seperti, air terjun langkuik, air terjun bukit bio-bio, dan air terjun marunggai.


Andra Sikumbang
×
Berita Terbaru Update