Jika Ini Selesai, Kota Dan Kabupaten Padang Pariaman Akan Melaju Pesat





Mentri Perhubungan RI direncanakan akan Datang melihat langsung Proses Pembangunan Dermaga dan Pusat Pendidikan Pelayaran bertaraf Internasional di Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, pada tanggal 19 Oktober 2013, demikian Kata Budi Utama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman, di Kantor Bupati, Parit malintang siang tadi.

"Mentri Perhubungan akan berkunjung ke Pariaman dengan Agenda melihat langsung pembangunan Sekolah Pelayaran dan Dermaga bertaraf Internasional di Tiram." Ujar Budi seusai Jeda rapat dengan Sekdakab Padang Pariaman pada kami.

Pusat Pendidikan Pelayaran serta Dermaga bertaraf Internasional tersebut berlokasi di kecamatan Ulakan Tapakis. Dari data yang kami kumpulkan dilapangan, Proyek Multiyear ini bernilai 3 Triliun Rupiah, mencakup bangunan Dermaga terbesar di Sumatera Barat dan Bangunan Pusat Pendidikan Tinggi Ilmu Pelayaran terbesar di Pulau Sumatera.

Menanggapi hal tersebut, Ketu KADIN Kabupaten dan Kota Pariaman, Bagindo Haji Jamohor, S.sos, M.sip, sangat mengapresiasif dengan akan lahirnya Pusat Pendidikan Ilmu Pelayaran dan Dermaga di Kabupaten Padang Pariaman tersebut.

"Sebagai Jendela Sumatera Barat, Kabupaten Padang Pariaman nantinya akan menjadi Pusat sentral berbagai sektor pembangunan jika Dermaga dan Sekolah Tinggi Pelayaran tersebut selesai." Ungkap Jamohor disamping Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni.

Jamohor menambahkan bahwa Kota Pariaman akan ikut terdongkrak dengan adanya Dermaga dan Sekolah Pelayaran tersebut.

"Jelas Imbas positifnya untuk Kota Pariaman. Kota Pariaman musti siap-siap membangun Infrastruktur penunjang baru, Karena Area Dermaga satu akses dengan Daerah Pesisir Pantai Kota Pariaman." Jelas Jamohor merinci.

Kemudian Jamohor berharap agar sektor Pariwisata Pantai Kota Pariaman segera dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Harapan kita agar Kota Pariaman segera menggandeng Investor untuk menggarap Wisata Pantai kita secepatnya. Saya yakin dengan adanya Dermaga Tiram kemudian Objek Wisata Pantai Kota Pariaman yang tergarap secara Profesional dan Punya standar Internasional, Pariaman nantinya akan jadi Pusat Pariwisata dan Perdagangan di Sumbar." Yakin Jamohor.

Ketika ditanya sudah adakah Investor yang akan menanamkan Modalnya untuk pembangunan Objek Wisata Pantai Kota Pariaman, Jamohor menjawab:

"Insya Allah sudah ada Investor, bukan Broker. Kita butuh Investor langsung datang ke Kota Pariaman, Kita memiliki Pantai terbaik disepanjang pesisir Pulau Sumatera."

Padang Pariaman sekarang sudah memiliki Bandar Udara Kataping dengan Nama Bandara Internasional Minangkabau. Kemudian juga akan dibangun Jalan Kereta Api baru menuju Bandara tersebut. Dalam Master Planing kedepannya, Kabupaten Padang Pariaman juga akan membangun Jalan Lingkar (Tol) , Dermaga Internasional dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Catatan Oyong Liza Piliang