Jelang Pilkada Tour De Singkarak 2013 Di Kota Pariaman Tak Semeriah Dulu





Para pembalap Tour de Singkarak ( TDS ) 2013  Hari ini melintasi Kota Pariaman setelah pada etape sebelumnya dari Padang Panjang menuju Istano Basa Pagaruyung. Tanah Datar, merupakan etape terpanjang yaitu 208 kilometer,Etape ketiga juga tersulit karena terdapat titik King of Mountain (KOM) paling tinggi yaitu Kelok 44.

"Siapa yang menjadi terbaik mereka akan berpeluang menjadi juara," kata pemegang puncak klasemen sementara TdS 2013, Hossein Askari di Solok, Senin kemarin. demikian Kutipan Kompas.com.

Pada TDS Kali ini kami merasa untuk Kota Pariaman tidak semeriah tahun sebelumnya, mungkin ini disebabkan karena perhatian Publik Kota Pariaman lebih terfokus pada Pilkada Kota Pariaman yang suhu Politiknya kian hari kian memanas.

Sekitar Pukul 11 Wib barusan para pembalap Kuretangin ini melewati Kota Pariaman, kami dan para Tokoh masyarakat dengan santai memantau Rombongan pembalap yang diiringi Patwal Polda Sumbar.

Jalanan di sterilkan sejak pukul 10.00 wib, para pelajar Sekolah Dasar terlihat gembira sambil mengibarkan bendera mini merah putih ditangan, dilingkaran Tugu Tabuik pusat Kota Pariaman.

Ini merupakan kali kelima Tour De Singkarak diselenggarakan di Sumatera Barat. Tahun ini, Tour De Singkarak diikuti oleh 220 peserta yang berasal dari 18 negara berbeda, yaitu, Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, Thailand, Taipei, Mongolia, Iran, Irlandia,Jepang, Uzbekistan, Kazakhstan, Belanda, Spanyol, Australia, Amerika, dan Kanada.

Jumlah tim yang bertanding pada Tour De Singkarak 2013 adalah 21 tim dengan rincian 6 tim berasal dari Indonesia dan 15 lainnya dari mancanegara. Seluruh tim akan bertanding memperebutkan total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp1,2 miliar.


Catatan Oyong Liza Piliang