Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tim Sukses Cacat Moral

12 Maret 2013 | 12.3.13 WIB Last Updated 2017-07-24T15:42:05Z

Ranah Sosial Politik Pariaman berbeda langgam dengan Kota-kota lain di Sumatera Barat ini bersebab karakter masyarakat yang unik ,. Individual dalam menentukan sikap Politik saya temukan sendiri pada kakak kandung saya sendiri. ketika itu Pemilu legislatif, kakak perempuan saya memilih Calon yang saya arahkan sedang suaminya ( Ipar ) memilih calon lain. itu dalam satu keluarga dan saya sendiri yang mengalaminya.

Namun dalam pemilihan Walikota tentu ada pergeseran egosentris dalam menyatukan hak Poltiknya mengingat kepentingan yang lebih besar.

Pada Pilkada lalu seorang sahabat mengakui, dalam 7 orang beradik kakak, terjadi Tiga faksi dalam mendukung Calon berbeda. ini fenomena yang mungkin akan susah ditemukan di Kota lain di Nusantara ini. Sikap Politik alam Demokrasi sangat tinggi Toleransi di Ranah Piaman ini sebagaimana kearifan Lokalnya yang dikenal Egaliter.

Saya berani memastikan sistem Feodal tidak ditemukan di Pariaman ini Ihwal Pilihan Politik. tak ada Garis Komando pilihan yang bisa mengarahkan pada satu Figur kecuali figur tersebut disenangi dalam sebuah Komunitas atau Kaum dan itupun biasanya di MUSYAWARAHKAN secara kecil-kecilan. tidak ada main perintah.

Keunikan ini sebenarnya adalah aset Budaya lokal kita sebagai masyarakat berkarakter kuat dan tak gampang di Intervensi. hal itu membuat para Calon yang bermain di Ranah Politik musti orang yang langgamnya serasi dengan Alam Pariaman. masyarakat tak peduli siapa anda, berapa kaya anda jika sentuhan anda me maloyorkan kalang mereka. Indikator inilah yang musti dipahami oleh Politisi Lokal untuk bermain di arena Politik Pariaman. ngeri-ngeri sedap bak kata Sutan Batugana.

Politisi yang Piawai dan paham betul dengan Karakter rang Piaman tentu akan sedikit longgar ruang geraknya, tentu akan merumuskan strategi jitu dalam tema kampanye nya dan musti licin membelut menyiasati para Politisi Batu akiak yang mengaku bermasa banyak, namun jika ditilik hasilnya dikalikan Nol.

Jelang Pilkada ini banyak pemain musiman ingin jadi Tim Sukses. mereka umumnya merepat dan merangsek kalau dapat jadi Ring 1 si Calon. mereka benar-benar ingin Sukses dalam artian yang Ril untuk diri mereka sendiri dengan memanfaatkan Fasilitas yang diberikan si Calon. dulu konon pernah ditemukan mobil Tim Sukses Indehoi digarasi Hotel , mobil lengkap dengan stembel gambar Reklame si Calon tersebut ternyata orangnya bermesraan disebuah kamar Hotel dengan wanita yang bukan muhrimnya. berita tersebut cepat beredar dari mulut kemulut sehingga si Oknum Timses tersebut dicoret dan dikeluarkan dari Tim.

Memilih Tim Sukses musti dilihat Track Record orangnya. jangan sampai kita memilih orang yang cacat Sosial--moral dimata masyarakat semacam mantan Orang Maling yang sama-sama kita tau masyarakat Piaman sangat anti dengan kosa-kata tersebut dan merupakan Aib besar sepanjang hayat.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update