Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadwal dan prosesi Hoyak Tabuik Piaman 2023

19 Juli 2023 | 19.7.23 WIB Last Updated 2023-07-19T11:59:21Z

 


Pariaman - Memasuki tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah, Pemko Pariaman menggelar Tablik Akbar di halaman Balaikota Pariaman, Rabu 19/7.

Pada bulan Muharam ini, seperti biasanya juga akan diselenggarakan Pesta Budaya Hoyak Tabuik Piaman yang sudah memasuki prosesi pertama, yakni prosesi 'Maambiak Tanah'.

Prosesi Maambiak Tanah akan diikuti oleh kedua Anak Tabuik, yakni Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang pada Rabu sore menjelang magrib. 

“Seperti biasa setiap tahunnya Pemko Pariaman akan mengadakan pesta budaya Tabuik pada bulan Muharam ini. Prosesi pertama akan dilaksanakan nanti sore, yaitu maambiak tanah (mengambil tanah) yang akan dilakukan di dua tempat, Kelurahan Alai Gelombang dan Desa Pauh Barat,“ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Rangkaian acara Pesta Budaya Hoyak Tabuik Piaman dimulai dari tanggal 19 hingga 30 Juli 2023. Selama sepuluh hari itu, berbagai prosesi dan iven peramai akan digelar.

Dimulai prosesi Maambiak Tanah, 19 Juli, dilanjutkan dengan prosesi Manabang Batang Pisang, 23 Juli, Maatam dan Maarak Jari-jari 25 Juli, Maarak Saroban 26 Juli dan Tabuik Naik Pangkek - bersamaan Tabuik dibuang ke laut pada 30 Juli 2023.

Pesta Budaya Tabuik Piaman merupakan iven berskala nasional karena dihadiri puluhan ribu pasang mata setiap kali digelar. Hoyak Tabuik juga sudah menjadi atensi utama dari Kementerian Pariwisata dan Pemprov Sumbar. (Tim)

×
Berita Terbaru Update