Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetap jadi bandara internasional, BIM tidak jadi turun status

25 Maret 2023 | 25.3.23 WIB Last Updated 2023-03-25T12:08:13Z

 


Pariaman - Kontroversi penurunan status Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menjadi bandara domestik berakhir. BIM kebanggaan Ranah Minang ini dipertahankan statusnya menjadi bandara internasional.

Walikota Pariaman, Genius Umar yang memiliki andil mempertahankan status BIM sebagai bandara internasional saat itu pernah menyurati langsung Menteri BUMN Erick Tohir.

"Kita menganggap peran BIM sangat penting. Ketika mendengar BIM akan turun status saya langsung menyurati Menteri BUMN pada tanggal 15 Februari 2023 lalu," ungkap Genius Umar di Pariaman, Sabtu (25/3).

BIM telah menjadi bandara internasional sejak 2005. BIM sendiri pertama kali dibangun pada tahun 2002, dan dioperasikan secara penuh pada 22 Juli 2005 dan menjadi bandara internasional menggantikan Bandar Udara Tabing.

“Kalau BIM ini diturunkan statusnya akan merusak perekonomian Sumbar umumnya dan Kota Pariaman khususnya, dan hal ini telah dibuktikan dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah kita, sehingga hal ini perlu kita pertahankan,” imbuhnya.

Keberadaan BIM, kata dia, vital dalam menggerakkan ekonomi Provinsi Sumbar yang bergantung pada pariwisata.

“Fungsi BIM sebagai moda transportasi yang mempunyai peranan penting dalam mendatangkan wisatawan ke daerah kita,” sambungnya.

Saat menerima gelar kehormatan Profesor dari Junwoon University, Korea Selatan, Genius Umar juga menyebut bahwa tanpa adanya BIM akan mengkerdilkan pariwisata yang ada Sumbar.

“Alhamdulillah, status BIM tetap menjadi bandara internasional, tentu hal ini menjadi angin segar bagi kita semua. Semoga ke depan akan semakin banyak penerbangan internasional yang datang atau berangkat dari BIM,” tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, bakal menurunkan status 32 bandara internasional menjadi hanya 14-15 saja, dan selebihnya akan menjadi bandara domestik, dan salah satunya yang akan turun status adalah BIM. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update