Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kominfo Pariaman targetkan pemanfaatan cloud computing tahun ini

15 Maret 2023 | 15.3.23 WIB Last Updated 2023-03-15T12:40:27Z

 


Pariaman - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Kota Pariaman mengikuti pelatihan Open Stack di PT Telkom Prima Cipta Certifia (TPCC) di Kota Bandung, Selasa (14/3).

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Ferialdi mengatakan bahwa pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di instansinya itu penting dilakukan setiap tahun.

“Perubahan dunia dan perkembangan teknologi begitu cepat berubah sehingga perlu diimbangi dengan peningkatan SDM ASN Kominfo, minimal setiap tahunnya,” ujarnya.

Dikatakan Ferialdi, setiap tahun pihaknya difasilitasi oleh PT Telkom untuk pelatihan peningkatan sumber daya di dinasnya.

"Agar peserta pelatihan mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius, ambil ilmunya sebanyak mungkin untuk dipraktekkan di Kota Pariaman," sambungnya..

Dinas Kominfo Kota Pariaman sendiri, kata dia, menargetkan pada 2023 ini sudah bisa menggunakan cloud computing untuk penyimpanan data selain server privat virtual (VPS).

Ditektur TPCC, Syahruddin Poding mengungkapkan apa yang sudah dilakukan Diskominfo Kota Pariaman merupakan langkah maju dan konsisten setiap tahunnya.

Perkembangan teknolologi informatika sekarang ini, kata dia, tidak terlepas dari ABCDS atau singkatan dari Artificial Intelligent, Big Data, Cloud Computing, Data Centre dan Security.

Diskominfo Kota Pariaman, bilang dia, akan dilatih oleh instruktur yang kompeten di bidangnya karena memang lembaga tersebut adalah penyelenggara pelatihan yang bersertifikat di Indonesia.

"OpenStack adalah perangkat lunak bebas dan open-source software platform untuk cloud computing, sebagian besar digunakan sebagai Infrastructure as a Service (IaaS), di mana server virtual dan sumber daya lain tersedia untuk pelanggan," jelasnya. (Tim)

×
Berita Terbaru Update