Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bangun karakter napi, Lapas II B Pariaman bentuk Pramuka khusus warga binaan

1 Agustus 2021 | 1.8.21 WIB Last Updated 2021-08-01T12:58:30Z

 

Foto: Junaidi
Pariaman - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman telah mengikuti gerakan kepanduan Pramuka sejak satu tahun lalu, seiring awal kepemimpinan Kepala Lapas (Kalapas) II B Pariaman, Eddy Junaidi.

Selama satu tahun pembinaan, kata Kalapas II B Pariaman, Eddy Junaidi, tingkat kedisiplinan warga binaan atau narapidana di Lapas yang mayoritas dihuni terpidana kasus narkoba ini, jauh meningkat.

Bahkan, pada Sabtu kemarin (31/7) Lapas II B Pariaman menggelar kejuaraan yel-yel yang diikuti berbagai kelompok warga binaan. Hasilnya, kelompok yang dinamai Serigala Hitam berhasil mengalahkan kelompok The Ijet (mirip nama Izet yang tengah viral di media sosial).

Tidak tanggung-tanggung, untuk dewan juri, Kalapas Pariaman menghadirkan langsung Kwarcab Pramuka Kota Pariaman yang telah lazim menilai lomba serupa.

"Kejuaraan ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pramuka Nasional 14 Agustus. Juga untuk menjaga kekompakan sesama warga binaan," kata Eddy Junaidi di Pariaman, Minggu (1/8).

Eddy menuturkan, selama ini belum ada gerakan kepanduan di Lapas II B Pariaman. Sejak ia menjabat, ia memulainya dengan tujuan untuk pembinaan karakter bagi seluruh warga binaan.

"Untuk membangun karakter warga binaan sebagai bekal mereka nantinya saat kembali ke masyarakat," kata dia.

Pembinaan kepramukaan di Lapas itu, sambung dia, dilakukannya dengan sungguh-sungguh karena dia percaya gerakan kepanduan terbukti ampuh membentuk karakter manusia menjadi lebih baik lagi.

"Sejak awal menjabat saya tergerak memulai gerakan kepanduan agar warga binaan yang notabene sebagai pelanggar hukum, tidak mengulangi kesalahan yang sama saat kembali ke masyarakat," ungkapnya.

Selain gerakan kepramukaan di Lapas II B Pariaman juga melakukan program reguler seperti keterampilan dan seni. Selama pandemi Covid-19, kunjungan dari luar juga dibatasi ke Lapas yang sudah over kapasitas itu. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update