Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Subsidi Biaya Sekolah SMA Sederajat ke Provinsi Rp2,4 Miliar per Tahun

16 Oktober 2019 | 16.10.19 WIB Last Updated 2019-10-16T12:07:15Z
Foto: Nanda
Pariaman - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman kucurkan anggaran Rp1,2 miliar untuk mensubsidi biaya pendidikan warganya di tingkat SMA dan SMK di Kota Pariaman. 

Anggaran tersebut mensubsidi biaya pendidikan sebesar Rp100.000/siswa setiap bulannya selama 6 bulan terhitung bulan Juli hingga Desember 2019.   

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan subsidi tersebut diberikan dalam bentuk bantuan keuangan khusus dari Pemkot Pariaman kepada Pemeritah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat, seiring dialihkannya kewenangan pengelolaan pendidikan tingkat SMA ke pemerintah provinsi.

Ia menyampaikan subsidi tersebut disalurkan ke SMA dan SMK yang ada di Kota Pariaman. Kucuran subsidi baru di tahun 2019 baru bisa untuk 6 bulan. 2020 mendatang, subsidi diberikan penuh selama satu tahun.

"Anggaran tersebut untuk mensubsidi selama 6 bulan terhitung Juli-Desember 2019. Selanjutnya pada tahun 2020 dianggarkan satu tahun penuh," ujarnya usai penandatangan kesepahaman bersama tentang bantuan keuangan bersifat khusus di Pariaman, Rabu (16/10) pagi.

Untuk membantu meringankan beban warga, Pemko Pariaman mensubsidi biaya pendidikan siswa sehingga dapat meringankan beban orang tua terutama yang berasal dari keluarga ekonomi lemah.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan bantuan alokasi khusus tersebut sangat membantu siswa yang berasal dari keluarga miskin di Pariaman untuk menyelesaikan pendidikannya. 

"Dengan menyelesaikan pendidikan bahkan hingga perguruan tinggi dapat memperbaiki ekonomi keluarga yang selama ini berada pada lingkaran kemiskinan," ujarnya.

Meskipun bantuan pemerintah telah banyak diberikan, kata dia, jika tidak didukung orang tua siswa serta masyarakat maka pendidikan anak pun terganggu. Para siswa pun juga ia imbau harus semangat belajar.

"Kita mengapresiasi Pemkot  Pariaman yang menyubsidi biaya pendidikan siswa SMA sederajat dan hal tersebut dapat ditiru oleh daerah lainnya baik tingkat provinsi maupun nasional," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update