Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembukaan Porprov Sumbar XV di Gor Sungai Sariak Berlangsung Meriah

20 November 2018 | 20.11.18 WIB Last Updated 2018-11-20T04:19:52Z
Pembukaan Porprov XV Sumbar di Padangpariaman berlangsung meriah. (adv)
Sungai Sariak - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XV 2018 di Kabupaten Padangpariaman, Senin (19/11) malam. 
Bupati dan Wakil Bupati ikut menyanyi bersama Band Drive. (adv)
Bertempat di Gelanggang Olahraga Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, acara pembukaan Porprov berlangsung meriah. 
Gubernur beri sambutan pembukaan Porprov Sumbar XV di Gor Sungai Sariak
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang dijadwalkan akan membuka acara, batal hadir. Meski demikian, pembukaan Poprov dihadiri oleh Ketua KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, anggota DPR RI dan DPD RI asal Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, bupati dan walikota se Sumatera Barat.
Api obor dinyalakan di Gor Sungai Sariak (adv)
Tidak hanya undangan, ribuan masyarakat Padangpariaman dan pengunjung tampak memenuhi tribun dan pinggir lapangan sepakbola GOR Sungai Sariak.

Parade 19 kontingen dari kabupaten dan kota se Sumatera Barat mengawali pembukaan, dilanjutkan dengan penyalaan api obor Porprov Sumatera Barat dan penyerahan piala bergilir Porprov Sumatera Barat dari juara umum Porprov 2016 Walikota Padang Mahyeldi kepada Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni sebagai tuan rumah.

Tidak kalah meriah, tarian kolosal masal Tari Galatiak Nan Tongga menghibur undangan dan pengunjung. Hingga di penghujung acara pembukaan Porprov, ditutup dengan penampilan band Drive.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan seluruh kontingen yang mengikuti Porprov Sumatera Barat ke XV 2018 berjumlah 8.239 orang, saat ini seluruh kontingen telah berada di Kabupaten Padangpariaman.

"Semuanya sudah menempati mess dan penginapan yang telah disediakan oleh panitia," kata dia.

Menurut Ali Mukhni, penyelenggaraan Porprov Sumatera Barat ke XV 2018 di Kabupaten Padangpariaman memiliki sejumlah keutamaan jika dibandingan penyelenggaraan Proprov periode sebelumnya. Sentuhan teknologi informasi pada penyelenggaraan Porprov kali ini yang membedakan dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya.

Penerapan teknologi berbasis aplikasi tersebut membuat seluruh pertandingan dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan dapat dipantau perkembangannya. Informasi berupa jadwal bertandingan, hasil pertandingan, peraihan medali, dapat diakses melului portal resmi http://porprov.padangpariamankab.go.id.

"Upaya ini menandakan jika Kabupaten Padangpariaman sangat serius menjadi tuan rumah Porprov ini. Kami menginginkan penyelenggaraan Porprov Sumbar XV 2018 sukses secara penyelenggaraan dan hasil. Sukses penyelenggaraan dimaksudkan penyelenggaraan Porprov berjalan tanpa kendala. Sukses hasil merupakan Padangpariaman menjadi juara umum Porprov," pungkasnya.

Ketua KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mengatakan jika penyelenggaraan Porprov yang selenggarakan saat ini, sangat strategis. Porprov bisa dijadikan ajang seleksi pencarian bibit atlet yang akan dikirimkan mewakili Indonesia pada Sea Games 2019 dan Olimpiade 2020.

"Ajang Porprov Sumbar ke XV 2018 sangat strategis untuk ajang seleksi atlet Sumatera Barat yang dikirimkan perwakilan Indonesia pada Sea Games 2019 dan Olimpiade 2020," katanya.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan Porprov ke XV bakal menjadi ajang seleksi atlet Sumatera Barat yang akan mewakili Sumatera Barat pada Porwil 2019 di Provinsi Bengkulu, sekaligus PON 2020 di Papua.

Ia juga menekannya agar kepala daerah di Sumatera Barat, bupati dan walikota mengutamakan pembinaan atlet, dibandingkan hanya mengejar prestasi.

"Jangan sampai ada daerah yang menggunakan atlet sewaan dari daerah lain untuk meraih prestasi, namun fokus melakukan pembinaan atlet," kata dia. (adv)
 

Ia meminta agar wasit dapat menjaga profesional dan adil dalam memimpin pertandingan. Ketidakprofesionalan wasit bakal berpengaruh terhada pemilihan atlit yang akan mewakili Sumatera Barat diajang pekan olahraga lainnya.(Nanda)

×
Berita Terbaru Update