Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius-- Peningkatan Kunjungan Wisata Peluang Besar bagi UMKM

1 April 2017 | 1.4.17 WIB Last Updated 2017-04-01T03:51:37Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar berharap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pariaman berinovasi dan kreatif dalam setiap produknya. Pangsa pasar saat ini menurutnya cukup bagus sejalan dengan berkembangnya wisata Pariaman.

"UMKM harus berani membuat terobosan dan jeli melihat pangsa pasar," ungkap Genius pada temu usaha program kemitraan BUMN di Balairung Rumah Dinas Walikota, Kamis (30/3/2017).

Kreatifitas tersebut tambah Genius bisa berupa produk cinderamata atau oleh-oleh bagi setiap wisatawan yang telah berkunjungb ke Pariaman.

Ia memberi semangat akan keberadaan kota Pariaman yang dinilainya istimewa di Sumbar dengan satu-satunya memiliki stasiun kereta api tepat berada di mulut objek wisata. Selain itu pulau-pulau yang ada juga merupakan daya tarik besar bagi Pariaman untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

"Dengan potensi tersebut UMKM bisa berinovasi menciptakan produk yang unik sesuai dengan potensi daerah. UMKM yang terampil dan jeli melihat pasar, akan diuntungkan dengan potensi wisata yang kita miliki," ujarnya.

Gusniyetti Zaunit, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pariaman, mengatakan, pihaknya mencatat ada sekitar 6.848 UMKM. Dari jumlah sesuai data tahun 2017 itu baru 1.600 UMKM yang telah menerima bantuan CSR dari kementerian.

Di tahun 2016, terangnya, pihaknya telah mengucurkan dana Rp16 milyar untuk membangun koperasi dan Rp34 milyar dana CSR BUMN/BUMD/Perbankan untuk permodalan UMKM.

TIM
×
Berita Terbaru Update