Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diklat Pemuda Pancasila se Sumbar Digelar di Pariaman

4 Februari 2017 | 4.2.17 WIB Last Updated 2017-02-04T16:14:42Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kaderisasi Pemuda Pancasila (PP) se Sumatera Barat bertempat di Pentas Seni Pantai Gandoriah Pariaman, Sabtu (4/2/2017).

Acara yang digelar selama 3 hari ini dimulai dari tanggal 3 hingga 6 Februari 2017 di basecamp BPKB Provinsi Sumbar di Rawang, Pariaman Tengah. Diklat dimulai dengan kegiatan bakti sosial, membersihkan sampah di kawasan pantai Pariaman, dan pelatihan disiplin serta materi tentang Pancasila dan mengapa harus ada Pemuda Pancasila dalam kegiatan Diklat tersebut.

"Pemuda Pancasila (PP) telah ada sejak tahun 1959 yang didirikan oleh para petinggi militer kala itu untuk membentengi Indonesia dalam menangkal pengaruh PKI dan mempertahankan ideologi Pancasila," kata Genius.

Pancasila sebagai dasar negara, sambunganya, telah diuji beberapa kali yang tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia. Ia meminta generasi muda harus memahami dan mendalami hal yang tersirat dalam setiap butir Pancasila, serta mengamalkannya sebagai Pemuda Pancasila yang seutuhnya.

Genius menyatakan saat ini PP telah berubah menjadi humanis, berkat kerja keras seluruh pengurus PP baik dari pusat sampai ke cabang di daerah.

"Dalam melaksanakan Diklat dan pemahaman sebenarnya peran PP yang sangat strategis dalam mengawal dan mengamankan Pancasila," imbuhnya.

Hal ini senada disampaikan oleh Wakil Karateker MPW PP Provinsi Sumbar yang juga Ketua DPRD Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim. Ia menyatakan bahwa saat ini PP dalam menyelesaikan masalah tidak lagi dengan otot, tetapi dengan otak. PP dapat berada di tengah masyarakat dan dekat dengan masyarakat.

"Kita harapkan dengan hal yang demikian, dapat meningkatkan citra PP di mata masyarakat, akan semakin baik kedepannya. Bagi kader-kader PP dapat menjadi yang terbaik di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Diklat kaderisasi PP ini diikuti oleh PP dari Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam dan tuan rumah Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman.

Hadir Master of Training MPN Pusat PP Syamsir Ramli, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin II, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Ketua MPC Kota Pariaman Jonasri, Ketua MPC Bekasi Aries Budiman, Ketua MPC se-Sumbar dan panitia serta instruktu.

TIM
×
Berita Terbaru Update