Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terapkan Smart-city, Genius Umar Kerjasama dengan Ridwan Kamil

4 September 2016 | 4.9.16 WIB Last Updated 2016-09-04T04:22:31Z




Bandung - Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar hadiri Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 di Trans Luxury Hotel Bandung, Jum'at (2/9). ISCF merupakan ajang pertukaran informasi dan teknologi bagi daerah dalam meningkatkan pelayanan publik.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil, selaku tuan rumah di acara itu mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara hebat jika antar kepala daerahnya saling berkolaborasi, bukan berkompetisi untuk mencapai tujuan bersama.

"Mari berkolaborasi dan bukan berkompetisi dan bersama-sama bekerjasama melihat kemajuan daerah untuk memperbaiki layanan masyarakat dan reformasi birokrasi," katanya.

Kang Emil, karib ia disapa menguraikan kesuksesan Kota Bandung dalam menggunakan smart city untuk pelayanan masyarakat seperti sistem informasi pelayanan, digitalisasi data, e-budgeting dan pelayanan pendaftaran berobat ke rumah sakit melalui media SMS sehingga tak perlu mendaftar langsung secara fisik.

Tanpa smartcity lanjutnya, pihaknya tidak bisa mengetahui warga komplain terhadap pelayanan, tidak tahu pemborosan anggaran. smartcity bisa mengajak warga berinteraktif.
"Dalam penerapan e-budgeting Bandung mampu menghemat anggaran hingga 1 trilyun," ungkapnya.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (Kemenpan/RB) Asman Abnur, yang membuka secara langsung acara tersebut mengatakan, ISCF sejalan dengan instruksi presiden dalam rangka memperbaiki pelayanan publik melalui e-goverment dan budgeting.

"Walikota Ridwan Kamil telah membantu tugas saya dalam memperbaiki pelayanan publik. Habis acara ini akan saya keluarkan peraturan agar even ini jadi branded even nasional dan setiap daerah wajib mengikuti," tuturnya.

Kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menurutnya masih rendah, 60% ASN hanya memiliki kemampuan administratif dan kurang 40% yang memiliki keahlian.

"ASN tidak boleh kalah dengan swasta dalam melayani masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas ASN, ke depan bagi mahasiswa yang lulus dengan niiai tertinggi akan diangkat jadi PNS tanpa tes termasuk atlet," ungkap menteri asal Padangpariaman itu.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengaku pihaknya mendukung program smart city yang akan dikeluarkan oleh Kemenpan/RB. Hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya kunjungan ke Living Lab Smartcity Telkom satu hari sebelumnya untuk membangun kerjasama jaringan.

Pada acara Indonesia Smartcity Forum yang dilaksanakan di Bandung selama 2 hari (2-3 September 2016) itu Pemerintah Kota Pariaman juga menandatangani kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dalam penerapan smart city di Kota Pariaman.

TIM
×
Berita Terbaru Update