Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Padangpariaman Beri Pelatihan Administrasi Keuangan Nagari

25 September 2016 | 25.9.16 WIB Last Updated 2016-09-25T03:44:53Z


Beban berat pembangunan dipikul oleh pemerintahan nagari seiring disalurkannya alokasi dana desa/nagari ke nagari. Seiring dengan itu juga, pemerintah nagari harus mempercepat penguasaannya terhadap administrasi keuangan nagari.

Beberapa kali, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman telah melaksanakan diklat pengelolaan keuangan nagari bagi aparatur nagari yang diikuti walinagari, sekretaris nagari dan bendahara nagari se Kabupaten Padangpariaman.

Kali ini, dalam rangka melakukan penguatan kemampuan aparatur nagari dalam menyusun rencana pembangunan, BPMPKB menyelenggarakan Workshop Pendampingan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Rencana Kerja Pemerintah Nagari, Selasa (20/09) di  Gedung Pertemuan Baitullah Pariaman.

Peserta Workshop terdiri dari aparatur BPMPKB Padangpariaman, Tenaga Ahli Pendamping Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa se Kabupaten Padangpariaman.

Sekretaris BPMPKB, Elfi Delita, M.Farm, Apt mewakili Kepala BPMKB mengatakan bahwa, tujuan workshop diadakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Tenaga Pendamping Desa dalam melakukan pendampingan terkait penyusunan RPJM dan RKP Nagari.

Lebih jauh mantan Sekretaris Dinas Kesehatan itu mengatakan bahwa tenaga pendamping desa dalam melakukan pendampingan harus lebih menguasai materi sehingga diharapkan tenaga pendamping selalu giat menambah wawasan melalui berbagai media. Salah satunya dengan menguasai Permendagri nomor 114 tahun 2014 yang mengatur tentang Perencanaan Pembangunan Desa.

Materi lainnya yang diberikan adalah pokok-pokok kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa, Teknis Penyusunan RKP Nagari dan terakhir dilakukan On Job Training tentang Penyusunan RPK Nagari. Peserta dibagi ke dalam 4 kelompok dan masing-masing kelompok diminta untuk malakukan langkah-langkah pengisian Format Penyusunan RKP, mulai dari Format F1 sampai F7, dan terakhir satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok.

Yen Hendri, TKIP BPMPKB
Editor OLP
×
Berita Terbaru Update