Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Padangpariaman Pacu Kompetensi Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa

29 Januari 2016 | 29.1.16 WIB Last Updated 2016-01-29T13:28:45Z



Mempersiapkan para pejabat pengadaan yang handal dan kompeten dalam rangka menjalankan agenda pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) mengadakan pelatihan sertifikasi keahlian barang dan jasa di Grand Rocky Hotel, Bukittinggi, beberapa hari lalu (26/1).

"Disamping itu juga dilakukan ujian sertifikasi bagi para peserta," kata Asisten Adm Ekbang Kesra, Ali Amran, di Kantor Bupati Padangpariaman, Parit Malintang, Jum'at (29/1).

Kata dia, walaupun kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tahunnya namun aparatur pemerintahan harus terus belajar dan mengikuti perkembangan proses pengadaan barang jasa sesuai dengan perkembangan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kalau tidak pelaksanaan pengadaan barang dan jasa akan sering terjadi kendala baik secara teknis maupun secara administratif," ucap dia.

Mengawali tahun 2016, dengan pelatihan itu semoga para pejabat terkait semakin handal di bidang pekerjaan yang mereka emban tersebut.

"Pemkab konsisten melaksanakan proses pengadaan barang jasa melalui e-procurement di mana sampai saat ini kita telah melaksakan proses lelang 100% melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)," jelas dia.

Disamping itu, dengan pelatihan tersebut diharap penyerapan anggaran tahun 2016 lebih efektif dibanding tahun sebelumnya.

"LPSE adalah salah satu indikator transparansi dan keterbukaan sebagai salah satu ciri pemerintahan yang baik, dengan harapan kegiatan pembangunan yang kita laksanakan akan memberikan hasil yang maksimal," tambahnya.

Sementara itu, Kabag Ekbang, Teguh Widodo, selaku panitia mengatakan, pelatihan itu untuk memberikan pengetahuan lebih kepada pejabat pengelola kegiatan di tiap SKPD.

“Sengaja kita laksanakan pada awal tahun supaya para pejabat pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman mempersiapkan diri dalam menjalankan tugasnya,” sebutnya.

Kegiatan pelatihan pengadaan barang dan jasa tersebut, ungkapnya, diikuti oleh 40 orang.

"Selama tiga hari dari 26 hingga 29 Januari 2016 dengan menghadirkan narasumber dari Trainer Resmi LKPP RI," tuntasnya.


HS/OLP
×
Berita Terbaru Update