Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gerak PKK KB-Kes Desa Kota Marapak Dinilai Tim Provinsi

19 Desember 2015 | 19.12.15 WIB Last Updated 2015-12-19T04:39:25Z



Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur dinilai  dalam rangka penilaian kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat Sumatera Barat tahun 2015 yang di selenggarakan di Kantor Desa Koto Marapak, Jum’at (18/12).

Dalam penilaian tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Lucy Genius beserta pengurus PKK Kota Pariaman, Kepala BPMD Kota Pariaman, Camat se-Kota Pariaman, Forum Komunikasi Perangkat Daerah, TP-PKK Kecamatan Pariaman Timur serta unsur Aparatur Pemdes dan masyarakat setempat.

Sebelum acara dimulai  para undangan dan tim penilai TP PKK-KB Kes dihibur penampilan gandang tasa dan tari galuak anak nagari.

Genius Umar menyebut, Pemerintah Kota Pariaman sangat berterima kasih dan menyambut baik kunjungan tim penilai. Kedatangan Tim Penilai memberikan arti yang besar terhadap pembangunan Kota Pariaman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Genius juga berharap kegiatan itu mampu menjadi sesuatu yang efektif dan bermanfaat dalam upaya menunjang pembangunan daerah dengan prestasi-prestasi dalam setiap bidang.

"Tim Pengerak PKK Kota Pariaman telah banyak berperan dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan gerakan KB di Kota Pariaman. Hal itu antara lain dilakukan dengan turut serta mengaktifkan seluruh posyandu yang ada di Kota Pariaman," ucapnya.

Saat ini, kata dia, Kota Pariaman yang terdiri dari 4 kecamatan telah memiliki sebanyak 7 unit puskesmas induk, 12 unit puskesmas pembantu, 18 unit polindes serta 42 unit poskesdes.

"Disamping itu juga telah tersedia unit pelayanan KB untuk menjangkau wilayah- wilayah yang ada serta dukungan mobil unit penerangan KB untuk memberikan Informasi-informasi program KB dan kesehatan kepada masyarakat," tambahnya.

Dia menuturkan, setiap tahun Pemerintah Kota Pariaman akan terus melengkapi sarana pelayanan KB dan kesehatan untuk Puskesmas, bidan desa dan para kader seperti OBgyn Bed, KIE Kit, Implant Kit, Iud Kit dan BKB Kit.

"Sedangkan dari segi personil Kota Pariaman memiliki sebanyak 178 orang Bidan yang tersebar diberbagai institusi pelayanan kesehatan sebagai tenaga pelayanan dan 14 orang penyuluh KB sebagai tenaga motivator yang sudah dilengkapi dengan kendaraan roda dua dan media penyuluhan lainnya serta 137 Posyandu dengan dukungan kader sebanyak 1090 orang," tutupnya.

Sementara itu, Lucy Genius mengatakan, kegiatan penilaian sekaligus evaluasi kesatuan gerak PKK KB kesehatan tahun 2015 tingkat Provinsi Sumatra Barat, di mana untuk Kota Pariaman diwakili oleh Desa Koto Marapak.

"Sudah kita ketahui bersama bahwa oprasional kesatuan gerak PKK KB-Kes akan difokuskan kepada upaya peningkatan partisipasi keluarga, kepada upaya peningkatan partisipasi keluarga dan masyarakat dalam pelayanan Keluarga Berencana, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kesehatan lingkungan dan meningkatkan aktifitas posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan terpadu yang paling dekat dengan masyarakat," ucapnya

Dalam bidang Keluarga Berencana di Kota Pariaman, kata dia perhatian diberikan kepada keluarga yang secara demografis dan ekonomis masih tertinggal, terutama bagi pasangan unmet need atau pasangan usia subur yang sudah tidak ingin anak lagi.

Tim penilai Provinsi Sumbar yang diketuai oleh Eti Zachclul juga mengatakan bahwa kedatangan mereka tidak hanya sekedar menilai tetapi juga melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap program PKK-KB Kes yang sudah dilaksanakan baik di Kota Pariaman secara umum.

"Kita tim akan menilai 4 kategori yaitu, pelaksanaan terbaik PKK-KB kes, pelaksanaan terbaik posyandu, pelaksanaan terbaik lingkungan bersih dan sehat, pelaksana PHBS rumah tangga," kata dia.

Tak lupa ketua tim memperkenalkan tim yang di bawa dari provinsi sumbar yakni, Nazli Nazir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Amrison dari BKKBN Provinsi Sumatera Barat, dan Fauziah dari PKK Provinsi Sumatera Barat.

Tim
×
Berita Terbaru Update