Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Langka, Bupati Ali Mukhni dan M Yusuf Sikumbang Hadir Bersama di Pembukaan MTQ Padang Alai

5 Oktober 2015 | 5.10.15 WIB Last Updated 2015-10-05T12:52:59Z



MTQ  ke-43 tingkat Kabupaten Padangpariaman yang dilaksanakan di Nagari Gunung Padang Alai Kecamatan V Koto Timur Jumat (2/10) berlangsung meriah. Pada acara pembukaan selain dihadiri Bupati Ali Mukhni juga dihadiri Kepala Kemenag Provinsi Sumbar Dr. Salman, Ketua DPRD Padangpariaman  H. Faisal Arifin, S.iP, Anggota DPRD,  SekdaJon Priadi, Ketua PKDP dari berbagai daerah, para kepala SKPD, undangan serta antusias ribuan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan. Hadirnya Muhamad Yusuf Sikumbang, rival utama Ali Mukhni pada Pilkada 2010 cukup hangat dibicarakan, apalagi Yusuf menarik diri pada Pilkada 2015.

Pembukaan yang digelar di lapangan Sepakbola Pasar Padang Alai itu diawali berbagai atraksi kesenian tradisional seperti tambua tasa, tari kolosal oleh  ISI (Institut Seni Indonesia) Padang Panjang dengan Tema Babaliak Kasurau. Kesemuanya itu menjadi daya tarik  masyarakat dan menambah gezahnya  acara tersebut.

Bupati Ali Mukhni pada kesempatan itu mengatakan melalui kegiatan MTQ dia berharap dapat mendorong keimanan dan ketaqwaan masyarakat dalam mengamalkan seluruh nila-nilai  luhur yang terkandung dalam Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memberikan dapak positif bagi peningkatan kualitas hidup Umat Islam.  

Dia menuturkan bahwa dalam kandungan Alqur’an telah memberikan petunjuk dan arahan bagi seluruh umat manusia untuk menyikapi hidup secara lebih bermartabat.

Untuk itu menurutnya sebagai umat muslim perlu mempertahankan nilai-nilai tersebut melalui berbagai macam kegiatan termasuk MTQ.

Disaat yang sama Kepala Kemenag Sumbar, Salman, mengatakan bahwa selain meningkatkan minat baca Alqur’an bagi umat muslim MTQ juga dalam rangka meningkatkan prestasi bagi qori dan qori’ah dalam mempelajari dan mengamalkan isi yang terkandung didalam Alqur'an itu.

"Kami atas nama Kementerian Agama Sumatera Barat mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan MTQ yang ke 43 tingkat Kabupaten Padangpariaman ini,“ sebut dia.

Sementara itu Ketua PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman)  Pekan Baru, Yusuf Sikumbang dan Ketua PKDP Medan, Ali Umar, senada mengungkapkan bahwa akan selalu tetap menjalin hubungan antara ranah dengan rantau untuk mensukseskan pembangunan di Padangpariaman.

"Apalagi menyangkut masaalah keagamaan. Oleh karena itu, harapan kami kedepan, mari kita jaga bersama hubungan silaturahmi ini,  karena dengan kebersamaan kita akan bisa  mencapai apa yang kita harapkan," ucap Yusuf diamini Ali Umar.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ, Maizar yang juga Camat V Koto Timur kepada wartwan mengatakan, yang menjadi dasar penyelenggaraan MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Padangpariaman adalah rapat kerja lembaga pengembangan tilawatil Qur’an Padangpariaman.

"Keputusan Bupati Nomor 10/Kep/BPP-2015 tentang Penunjukan Kecamatan V Koto Timur sebagai tuan rumah tingkat Kabupaten Padangpariaman. Keputusan itu sekaligus tentang penunjukan panitia dengan SK No.122/Kep/BPP/2015. Sumber dana yang digunakan dari APBD Padangpariaman dan sumbangan yang tidak mengikat," ujar dia.

Pelaksanaan MTQ yang ke 43 itu, lanjut dia, tersebar di tiga nagari yang ada di Kecamatan V Koto Timur  yakni, Nagari Gunung Padang Alai, Nagari Kudu Ganting dan Nagari Limau Purut. Letak mimbar utamanya, tambahnya, di Nagari Gunung Padang Alai.

"Sementara itu kegiatan yang dilaksanakan di Nagari Kudu Ganting berada di Mesjid Raya Ganting, Mesjid Istiqomah Kudu dan Mesjid Nurul Iklas/Kantor KUA. Sedangkan di Nagari Limau Purut diadakan di Mesjid Raya Limau Purut, SMA 1 V Koto Timur, Los Pasar Limau Purut, dan Mesjid Nurul Iman Muhammadiyah” dia merinci.

Jumlah Khafilah baik Qhori dan Qhoriah sebanyak 510 orang, dengan 9 cabang yang akan di lombakan. Diantanya Tilawah TK, Tilawah Anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa,  Tartil dasar, Tartil menengah, Tartil Umum, Kutbah/Lomba Azan, dan Fahmil/Cerdas Cermat/Sarhil,” tuntas Maizar.

HS/OLP 
×
Berita Terbaru Update