Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pawai Alegoris Dirgahayu RI: Ribuan Masyarakat Pariaman Tumpah Ruah di Pawai Meriah

19 Agustus 2015 | 19.8.15 WIB Last Updated 2015-08-19T14:02:32Z


Pawai alegoris dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tingkat Kota Pariaman berlangsung meriah. Seperti biasanya, pawai dihelat sehari setelah upacara detik-detik proklamasi, bertepatan Selasa 18 Agustus 2015 bertempat di Halaman Balaikota Pariaman.

Pawai dengan iring-iringan kreasi dan kendaraan hias tersebut selalu dinanti-nanti warga dan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat tiap setahun sekali. Pawai juga dianggap sebagai spirit meriahnya pesta Dirgahayu RI.

Disaksikan ribuan pasang mata warga, peserta pawai dilepas oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi unsur Muspida dan jajaran SKPD di Halaman Balaikota Pariaman.

Pawai alegoris 2015 tersebut diikuti oleh para pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA/ se Kota Pariaman, SKPD Pemko, Instansi Vertikal, BUMD dan tidak lupa kelompok masyarakat. Mereka berbaur menyatu dalam sebuah kreasi semaraknya HUT RI.

Didukung suasana dan cuaca bersahabat semangat para peserta tampak tinggi melakoni pawai mengitari kota yang berujung di Lapangan merdeka tersebut. Masyarakat terlihat tumpah ruah di sejumlah jalan protokol. Mereka bersorak-sorak gembira.

"Kita senang. Seluruh sekolah dan masyarakat terlibat aktif mengikuti pawai. Ini menggambarkan semangat kemerdekaan yang sudah melekat di sanubari pelajar dan masyarakat Kota Pariaman," kata Walikota Mukhlis kepada wartawan.

Mukhlis meyakini meski dibawah terik matahari yang menyengat, dia perhatikan semangat para peserta pawai tetap tinggi dalam iring-iringan konvoi.

"Jadikan momen ini untuk mengingat perjuangan para pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Kita sebagai generasi penerus harus mengisi kemerdekaan dengan semangat pembangunan," katanya lagi.

Acara pawai alegoris merupakan klimaks acara puncak dari seluruh rangkaian peringatan HUT RI tingkat Kota Pariaman. Selain itu, di tingkat desa dan kelurahan, dengan swadaya masyarakat berbagai kegiatan dan perlombaan juga dilaksanakan, seperti acara panjat pinang, balap karung, lomba makan kerupuk dan berbagai lomba unik lainnya.


Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update