Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Ali Mukhni Beri Penghargaan BP SPAMS Terbaik

21 Agustus 2015 | 21.8.15 WIB Last Updated 2015-08-21T08:06:12Z


Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, mulai memberi perhatian dan apresiasi pada pengembangan pengelolaan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau PAMSIMAS di wilayahnya. Tak hanya memberikan pembinaan kepada pengelola PAMSIMAS Pemkab Padangpariaman juga memberikan motivasi agar program itu dapat terus eksis di masyarakat.

Untuk mengembangkan keberadaan PAMSIMAS sehingga lebih berguna di masyarakat, Bupati Ali Mukhni menyerahkan piagam penghargaan kepada dua BP SPAMS terbaik, dalam pengelolaan PAMSIMAS yang dinilai konsisten dalam menjaga serta mengembangkan program PAMSIMAS.

Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8), di Halaman Kantor Bupati.

Kedua BP SPAMS yang mendapat penghargaan tersebut adalah BP SPAMS Batu Calung, Korong Batu Calung, Nagari IV Koto Aur Malintang Selatan dengan sistem pompanisasi dan BP SPAMS Koto Hilalang Selatan, Korong Koto Hilalang Selatan, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam dengan sistem gravitasi.

Ali Mukhni yang menyerahkan langsung piagam penghargaan mengatakan, ini merupakan kali pertama diberikan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi Badan Pengelola SPAMS yang benar-benar menjalankan program PAMSIMAS dengan baik, sebagai pahlawan masyarakat dengan memastikan aspek keperlanjutan untuk mencapai target Universal Acces.
.
"Sebab memelihara lebih sulit dari pada membangun, apalagi pengelola SPAMS tidak diberikan gaji," ungkap bupati.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Padang Pariaman Drs. Usman Muchtar mengatakan pemberian piagam penghargaan kepada kedua BP SPAMS tahun ini, merupakan langkah awal merespon hasil evaluasi dan monitoring kinerja BP SPAMS.

"Keinginan kita ada beberapa kategori yang akan diwacanakan, baik kategori inovasi dan partisipasi, maupun kategori kemitraan. Namun untuk langkah awal diambil kategori terbaik dari 2 opsi dalam sistem PAMSIMAS, yaitu pompanisasi dan gravitasi," tuturnya.

Indikator penilaian yang digunakan untuk memilih BP SPAMS terbaik pada tahun 2015 ini adalah dilihat dari aspek keberfungsian sarana, aspek kelembagaan BP SPAMS, bahkan kecukupan iuran serta administrasi pembukuan BP SPAMS. Kemudian partisipasi masyarakat atau pemanfaat dan jumlah pemanfaatnya juga tidak luput jadi poin penilaian, begitu juga kemitraan yang dilakukan BP SPAMS serta capaian SBSnya.

Penilaian BP SPAMS terbaik dilakukan dan dipimpin langsung oleh Kepala BPM Padangpariaman, diikuti oleh tim penilai dari SKPD terkait yaitu Bappeda, PU, Dinas Kesehatan dengan melibatkan Asosiasi Pengelola SPAMS dan fasilitator keberlanjutan.

Fasilitator Keberlanjutan Padangpariaman mengatakan bahwa kegiatan seperti ini harus didorong, dikawal, terus diperhatikan, dan dievaluasi agar ke depannya lebih baik. Sebab pengabdian BP SPAMS selaku relawan AMPL layak untuk diapresiasi. Ke depannya besar target yang ingin diwujudkan yaitu 100 % akses air minum, 0% kawasan kumuh dan 100% akses sanitasi.

"Sudah seharusnya pemerintah kabupaten memberikan apresiasi kepada pengurus BP SPAMS yang punya komitmen yang tinggi dalam hal meningkatkan dan mengembangkan pelayanan air minum dan sanitasi karena air bersih merupakan kebutuhan paling utama, merekalah pahlawan-pahlawan yang penuh dedikasi untuk masyarakat. Semoga tahun depan ada BP SPAMS yang muncul lebih baik lagi dari sekarang," tutur Rahmat Tk Sulaiman didampingi dua rekannya M. Miftah dan Zulfentri.

Rahmat juga menambahkan bahwa penghargaan ini layak diberikan kepada BP SPAMS terbaik karena dapat memotivasi BP SPAMS untuk memberikan prestasi atau kinerja yang lebih bagus lagi. Hal ini dapat memberikan dan menimbulkan rasa bangga bagi BP SPAMS, sehingga dapat memacu untuk lebih produktif dalam bekerja.

"Harapan kita ke depan, penghargaan itu tidak hanya sebatas pemberian piagam, tapi lebih dari itu dengan pemberian fasilitas pendukung kelembagaan BP SPAMS lainnya, sehingga BP SPAMS bisa menjadi lembaga yang profesional dan mandiri. Namun sebagai langkah awal layak diapresiasi, karena Pemkab sudah memulai, semoga untuk tahun berikutnya bisa ditingkatkan," ujar putra asli Padangpariaman ini.

Di sela-sela acara, Ketua BP SPAMS Batu Calung, Muslim mengungkapkan rasa bangganya atas diberikannya penghargaan kepada BP SPAMS terbaik, apalagi yang terpilih itu BP SPAMS Batu Calung. Ditambah lagi penyerahannya dilakukan pada hari bersejarah di republik ini. Hal yang sama juga dirasakan dan diungkapkan oleh Naimi, Ketua BP SPAMS Koto Hilalang Selatan.

Muslim dan Naimi mengucapkan syukur karena kerja kerasnya selaku pengelola PAMSIMAS sudah dihargai oleh pemerintah daerah. Penghargaan itu, sebagaimana dituturkan, adalah amanah baru bagi mereka untuk memelihara dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi tambahan energi baginya dalam bekerja. Penghargaan juga akan disampaikan kepada masyarakat selaku pemanfaat PAMSIMAS untuk meningkatkan kerjasama.

"Tanpa kerjasama dari masyarakat kami pengurus BP SPAMS tidak bisa berdiri di panggung ini dalam menerima penghargaan ini," ucap Muslim haru.

Bentuk penghargaan yang paling baik adalah membuat BP SPAMS mengetahui kalau dirinya dihargai oleh pemerintah daerah, bukan hanya oleh sekelompok kecil orang. Hal ini dapat menjadi panutan bagi BP SPAMS lainnya. Apalagi penghargaan ini diberikan pada peringatan hari kemerdekaan di hadapan peserta upacara yang dihadiri para petinggi daerah.


RTS
×
Berita Terbaru Update