Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Teskit labor BPOM Padang: Pasa Pabukoan Pariaman Seluruh Menunya Steril dan Higienis

5 Juli 2015 | 5.7.15 WIB Last Updated 2015-07-05T04:02:05Z



Dalam rangka menghadapi maraknya penggunaan zat-zat berbahaya pada makanan yang kita kosumsi setiap hari sekaligus pemantauan, Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang menggelar sampling uji makanan Pasar Pambukoan di lapangan parkir Taman Lapangan Merdeka Pariaman, Jum’at sore (3/7).

Aksi yang dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman ini bertujuan untuk melindungi kesehatan dari pangan tidak memenuhi syarat untuk dikosumsi yang dapat merugikan kesehatan terutama pangan siap saji yang ada di pasar pambukoan.

“Diharapkan para penjual makanan pambukoan yang ada memperhatikan hegienitas makanannya dan menggunakan bahan alami pada jajanannya. Serta memperhatikan pengolahan makanan yang akan dimasak sehingga makanan yang siap saji menjadi sehat dan terhindar dari zat-zat berbahaya,“ kata Mukhlis.

Sedangkan Plt. Kepala Balai Besar POM Padang Dra. Amyelli, Apt mengatakan kegiatan sampling uji makanan ini merupakan salah satu tugas BPOM untuk mengawasi jajanan pembukoan di bulan ramadhan. Kegiatan sampling uji makanan ini, kata dia juga telah dilakukan di 3 kota/kabupaten lain di Sumbar. Antara lain Pesisir Selatan, Payakumbuh, Padang dan Kota Pariaman.

Dalam sampling tersebut setiap pedagang akan di tes seluruh makanan dan minumannya yang langsung dilaksanakan di Mobil Laboratorium keliling Balai Besar POM Padang yang didatangkan ke lapangan.

"Apabila ditemukan jajanan yang memerlukan hasil yang lebih konkrit, akan dibawa ke laboratorium di Padang. Tim Balai Besar POM Padang yang datang terdiri dari 7 orang," terang Amyelli.

Dari hasil tes kit yang dilakukan, tidak ditemukannya zat-zat yang berbahaya dalam jajanan yang dijual di pasar pambukoan Kota Pariaman. Acara ini juga dihadiri oleh Mayor Infanteri Hamdani dari Dandim, Kadis Koperindag Gusniyeti Zaunit, Kadis Kesehatan Yutriadi Rivai, Kadis Perhubungan Agusriatman, Kadis Pertanian Syaiful Rizal, Ka DKP Yandrileza, Kasat Pol PP Yota Balad, Kepala BLH Definal, Kabag Humas, Kasat Binmas Polres Pariaman dan para wartawan yang hadir. 


J/OLP


×
Berita Terbaru Update