Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni: Persiapkan Diri Hafiz Al Qur'an agart Lolos Masuk Internasional MAN Insan Cendikia

16 Juni 2015 | 16.6.15 WIB Last Updated 2015-06-16T02:04:06Z


Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengajak orang tua untuk memotivasi anak-anaknya agar Hafiz Al Quran untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia bertaraf internasional di Nagari Sintuk, Kec. Sintuk Toboh Gadang. Sekolah tersebut kata dia hanya ada empat di Indonesia yakni di Serpong, Jambi, Gorontalo dan Sumbar tepatnya di Kab. Padangpariaman.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menghadiri penyerahan Ijazah Khatam Al Qur'an di acara Khatam Al Quran terpadu serta Wisuda Iqra TPAS/TPSA Se Kec Enam Lingkung di Lapangan Bola Kaki Toboh Ketek, Kec. VI Lingkung, Minggu (14/6).

"Anak-anakku, saat ini kita memiliki sekolah yang bertaraf internasional yaitu MAN Insan Cendikia. Sekolahnya bagus, asramanya mewah dan lulusannya berkualitas. Semuanya gratis, biayanya ditanggung pemerintah. Mari kita persiapkan mulai sekarang untuk memenuhi," kata Ali Mukhni.

Adapun masuk sekolah tersebut, imbuhnya, melalui seleksi ketat yang ditentukan oleh Kementerian Agama. Disamping harus memiliki nilai yang tinggi, calon siswa diutamakan adalah yang telah hafiz Al Quran.

Dituturkannya bahwa MAN Insan Cendikia seluas 10 hektar tersebut telah selesai pembangunan asrama dan ruang kelas pada tahun lalu. Saat ini dilanjutkan pembangunan sarana pendukung lainnya. Biaya yang dikucurkan sebesar Rp60 Milyar melalui APBN.

"Hasil koordinasi dengan Bapak Gubernur dan Kamenag Sumbar, Insyha Allah, tahun depan sudah menerima siswa. Mohon doa dunsanak ranah dan rantau," kata Alumni Lemhanas Tahun 2012 itu

Diceritakannya bahwa MAN ini didirikan oleh Presiden Ketiga RI BJ Habibie yang memiliki konsep dan prinsip keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan takwa.

Sekolah yang berdiri di atas lahan hampir enam hektare itu tidak hanya fokus membuat anak kaya akan ilmu. Lebih dari itu, ungkapnya, Insan Cendekia juga menanamkan akhlak mulia dan nilai keagamaan.

Ali Mukhni mengatakan bahwa lebih dari 90 persen alumni melanjutkan pendidikan di sejumlah kampus bergengsi dalam dan luar negeri. Untuk luar neegeri, negara tujuan belajar dengan jumlah alumni paling banyak adalah Jepang.

Ia berharap anak-anak Padangpariaman bisa bersaing untuk bersekolah di MAN Insan Cendikia. Sekolah yang melahirkan calon pemimpin bangsa yang berilmu, berakhlak dan beriman kepada Allah SWT.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update