Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Musrenbang Penentu Arah Kesinambungan Pembangunan

16 Maret 2015 | 16.3.15 WIB Last Updated 2015-03-16T15:41:13Z



Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) tingkat Kota Pariaman diyakini akan meningkatkan percepatan pembangunan daerah demi terwujudnya Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lungkungan, budaya dan agama. Musrenbang diadakan di Aula Utama Balaikota Pariaman, Senin (16/03).

Acara akbar tersebut dihadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua Bappeda Provinsi Sumbar Afri Lauddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Anggota DPRD, Sekdako Armen, Asisten dan Staf Ahli, Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadhli, para Kepala SKPD, para Camat, Kabag di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Pimpinan BUMN/BUMD, LSM, Ormas dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu Mukhlis menuturkan bahwa Musrenbang RKPD merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan RKPD Kota Pariaman tahun 2016. RKPD tahun 2016 sebutnya, merupakan tahun ke 3 dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman tahun 2013-2018.

"Musrenbang RKPD tahun 2015 yang kita laksanakan hari ini memiliki makna yang strategis bagi keberlanjutan dan kesinambungan proses pembangunan di Kota Pariaman sebagai bagian dari suatu sistem perencanaan pembangunan. Keluaran (output) dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2015 yang dijadikan dasar bagi penyusunan RKPD Kota Pariaman tahun 2016 akan menentukan terhadap pembangunan Kota Pariaman," tukuknya.

Arah kebijakan pembangunan tahun 2016 tersebut, lanjutnya, hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkan program dan kegiatan yang lebih terukur, terperinci, dengan tidak hanya sampai output tapi sampai kepada manfaat dan dampak dari hasil pembangunan. Dan, tambahnya, memperhatikan kemampuan fiskal daerah untuk kemudian ditetapkan secara formal dalam dokumen RKPD Kota Pariaman tahun 2016.

“Mari kita jadikan Musrenbang RKPD Kota Pariaman Tahun 2015 Ini sebagai wadah untuk mewujudkan program-program pembangunan yang lebih berpihak pada masyarakat miskin, peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat melalui penguatan struktur ekonomi,” dia menandaskan.

Musrenbang RKPD Kota Pariaman 2015 ini diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 16 s/d 17 maret 2015. Jumlah peserta Musrenbang lebih kurang 200 orang dengan narasumber Bappeda Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Kota Pariaman dan Bappeda Kota Pariaman .

Kegiatan musrenbang RKPD ini untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kota dengan kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi, mengklarifikasi usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan usulan lain yang masuk sebelum Musrenbang Kota Pariaman dilaksanakan.

Selanjutnya untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana, dengan mempedomani prioritas pembangunan daerah, mempertajam indikator kineja program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana.



JND/OLP
×
Berita Terbaru Update