Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Imunisasi Lengkap Wajib Untuk setiap Bayi dan Anak

23 Maret 2015 | 23.3.15 WIB Last Updated 2015-03-23T13:19:56Z



Dalam rangka menuju Desa UCI (Universal Child Immunization), Dinas Kesehatan Kota Pariaman menggelar pertemuan kader Posyandu se Kota pariaman, yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan, Senin (23/03).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, didampingi Ketua TP PKK Reny Mukhlis, Ketua GOW Lucy Genius, Kepala Dinas Kesehatan Yutriadi Rivai, dihadiri oleh para Camat, para Kepala Puskesmas, para Kepala Desa/Lurah, dan seluruh Kader Posyandu se-Kota pariaman,

Mukhlis mengatakan bahwa pemerintah wajib memberikan imunisasi dasar lengkap kepada setiap bayi dan anak, yang artinya setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan kebutuhannya. Imunisasi bertujuan untuk mencegah terjadinya PD3I (Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) seperti TBC, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis  B, Polio dan Campak.


“Imunisasi merupakan salah satu upaya memberikan kekebalan tubuh pada bayi agar terhindar dari penyakit. Program imunisasi dikatakan berhasil jika cakupan target imunisasi mencapai target UCI (Universal Child Immunization) yakni 100%. Dengan kata lain masyarakat Kota Pariaman yang mempunyai bayi dan balita harus mendapatkan imunisasi dasar lengkap,“ kata Walikota.


Mukhlis juga mengharapkan, bersama, baik dari Dinas Kesehatan, PKK, GOW untuk terus melakukan sosialisasi aktif kepada masyarakat dan kader-kader posyandu di desa-desa dan kelurahan yang mungkin dapat dilakukan melalui sosialisasi door to door, seminar, kampanye atau talkshow melalui media elektronik tentang pentingnya imunisasi.

Sementara itu, Kadis Dinkes Yutriadi Rivai mengatakan bahwa imunisasi merupakan salah satu target dalam pencapaian MDGS yaitu menurunkan angka kematian pada bayi dan balita, serta meningkatkan kesehatan ibu. Pencapaian imunisasi, kata dia, merupakan suatu hal yang mempengaruhi indeks pembangunan kesehatan masyarakat yang menggambarkan kemajuan dan keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat, khususnya  Kota Pariaman.

Diakhir acara, Walikota menandatangani "kesepakatan imunisasi" tingkat Kota Pariaman diikuti Ketua TP PKK, Ketua GOW, Kadis Kesehatan, bersama para peserta baik dari kader posyandu maupun utusan desa/kelurahan serta kecamatan se-Kota Pariaman.


JND/OLP
×
Berita Terbaru Update