Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Koppas Padang Sago Layak Jadi Koperasi Percontohan di Padangpariaman

5 Maret 2015 | 5.3.15 WIB Last Updated 2015-03-05T14:17:13Z



Pengurus Koperasi Pasar Padang Sago, memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni atas kepeduliannya dalam memajukan Koppas Padang Sago sebagai anggota dan pembina di koperasi tersebut.

Penyerahan piagam itu dilakukan melaui Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2014, Selasa (3/3) di aula Kantor Camat Padang Sago yang diterima oleh Kabid Koperasi dan UKM Yulidarmen.

Akan hal itu, Yulidarmen sekaligus memberikan apresiasi atas prestasi Koppas Padang Sago dalam mengelola unit usaha yang terus tumbuh maju. Menurutnya, Koppas Padang Sago, salah satu koperasi di Kabupaten Padangpariaman yang pengelolaan usahanya sudah sesuai dengan standar pembukuan yang benar menurut akuntansi.

Dikatakan dia, salah satu tanda keberhasilan koperasi itu, jelas pembukuannya, seperti laporan neraca keuangan, aktiva lancar dan aktiva tidak lancar, piuatang anggota, piuatang non anggota nampak terurai dengan jelas dan bisa dibaca oleh semua anggota.

Lebih jauh dijelaskannya, koperasi adalah usaha bersama milik anggota.

"Jangan ada anggota setelah mendapat pinjaman tidak mau lagi membayar hutangnya. Ujung-ujungnya terjadi macet pada koperasi, setelah itu tidak mau lagi datang ke koperasi, ini adalah salah satu penyebab rusak dan hancurnya koperasi," tuturnya.

Insya Allah, katanya lagi, Tahun 2015 Pemda Padangpariaman dibawah kepemimpinan  Bupati Ali Mukhni akan memberikan tambahan modal usaha buat  Koppas Padang Sago sebanyak Rp 50 juta.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Padangpariaman, Endarmy, mengatakan bahwa  Koppas Padang Sago bisa dijadikan koperasi percontohan di Padangpariaman sebagai lembaga ekonomi yang tumbuh dari masyarakat dan untuk masyarakat.

“Berbanggalah masyarakat Padang Sago mempunyai putra daerah yang peduli terhadap kemajuan kampung halamannya, dan mau membangun lembaga keuangan masyarakat,”  ujar Endarmy.

Ketua Koppas Padang Sago, Afrizal dalam laporannya mengatakan bahwa memasuki  usia ke 10 tahun, Koppas Padang Sago telah meraih berbagai prestasi, mulai tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Selama tahun buku 2014, jumlah pendapatan Koppas Padang Sago Rp. 136.976.241, dari yang ditargetkan sebanyak Rp. 143.022.091.

“Sedangkan Sisa Hasil Usaha (SHU) bersih adalah Rp. 4.211.658,” jelas Afrizal.

Ditambahkan Afrizal, pendapatan Koppas Padang Sago dari jasa pinjaman anggota, administrasi pinjaman anggota, provisi pinjaman anggota, jasa pembiayaan barang, jasa rekening listrik, jasa tiket pesawat, jasa truk, jasa tiki dan jasa lain-lain dan sah menurut peraturan usaha koperasi.

Hadir di dalam RAT Koppas Padang Sago, Ketua Puskud Sumatera Barat beserta rombongan, Camat Padang Sago, Hasan Basri, Wali Nagari Batu Kalang, Jamarusti, dan Wali Nagari Koto Baru, Zulhendrayani.


HC
×
Berita Terbaru Update