Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Pariaman Tuan Rumah Jambore PRB Sumbar 2014

26 September 2014 | 26.9.14 WIB Last Updated 2014-09-26T13:38:23Z



Kota Pariaman terpilih menjadi tuan rumah Jambore Pengurangan Resiko Bencana Propinsi Sumatera Barat tahun 2014 yang diselenggarakan tanggal 26 s/d 29 September 2014, yang dipusatkan di Desa Cubadak Air Kecamataan Pariaman Utara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Pariaman Asrizal mengatakan Jambore Pengurangan Resiko Bencana tahun 2014 merupakan kerjasama BPBD Propinsi Sumatera barat dengan LSM/NGO serta BPBD Kabupaten/Kota yang didukung oleh praktisi dan pelaku pengurangan resiko bencana.

Dia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas kelembagaan BPBD Sumatera Barat dan BPBD Kabupaten/Kota, pembinaan kemampuan relawan Kelompok Siaga Bencana (KSB) dalam upaya pengurangan resiko bencana  serta mengujikan kemampuan relawan kelompok siaga bencana dalam berbagai lomba dan aktifitas.

“Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan KSB desa/kelurahan/nagari sebagai pusat informasi serta membangun jaringan informasi dan kerjasama antara semua KSB se-Sumbar serta dengan pihak lainnya,” ujarnya.

Kegiatan yang  bertemakan  “Kurangi Resiko Bencana dengan Peningkatan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana” ini diikuti oleh relawan KSB dari 19 kabupaten/kota dengan kriteria mewakili relawan dari KSB, relawan siaga bencana berbasis masyarakat (sibat), serta anggota Tagana.

Adapun agenda yang akan dilaksanakan dalam jambore ini meliputi peningkatan kapasitas dengan pemberian materi dan sharing pengalaman termasuk pameran, aneka lomba yang meliputi lomba bongkar pasang tenda, lomba pertolongan pertama, lomba dapur umum dan lomba cerdas cermat.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan Ketua DPRD Mardison Mahyuddin, Jum'at 26/9.

Bona
×
Berita Terbaru Update