Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lucy Genius: Para Lansia Harus Dapat Perhatian Khusus

19 Februari 2014 | 19.2.14 WIB Last Updated 2014-02-19T13:38:24Z


                                   dr. Lucy Genius


Usia lanjut merupakan usia dimana terjadi kemunduran sel-sel karena proses penuaan yang dapat berakibat pada kelemahan organ, kemunduran fisik, timbulnya berbagai macam penyakit terutama penyakit degeneratif, seperti jantung koroner, stroke, patah tulang akibat osteoporosis, demensia dan lain-lain. Untuk itu perlu perhatian khusus, Demikian dijelaskan Ketua GOW Kota Pariaman, Ny. dr. Lucy Genius dalam acara Pelatihan Kader Lansia, Selasa (18/02/2014) bertempat di Rumah Makan Pauh Pariaman.

"Lansia tidak hanya diberi perawatan khusus tetapi juga secara mental harus diperhatikan," kata Lucy.

Hal itu dikarenakan bahwa Untuk menuju lansia sehat dan aktif, tentu harus sudah dimulai sedini mungkin. Hal ini dilakukan dengan pendekatan siklus hidup yang terdiri dari 5 Fase kehidupan, yakni fase konsepsi, fase bayi dan anak, fase remaja, fase dewasa dan terakhir fase lansia.

"Hal ini mempunyai tahapan yang berbeda-beda sehingga dari berbagai tahapan tersebut dilakukan secara bertahap dan disiapkan agar mencapai derajat kesehatan yang baik," tutur Lucy menjelaskan.

Pemerintah Daerah Kota Pariaman juga telah menjalankan Posyandu Khusus Lansia, dengan berbagai program penyehatan untuk lansia.

"Melalui kader-kader posyandu Lansia, dibentuk program-prorgram lansia sehat, seperti senam lansia, sampai juga koin Peduli lansia yang tersebar setiap Posyandu di Kota Pariaman," imbuhnya.

Menurut Lucy, Hasil Sensus Penduduk pada tahun 2010, Indonesia termasuk lima besar negara dengan jumlah penduduk lanjut usia terbanyak di dunia, yakni, mencapai 18,1 juta jiwa atau 7,6 persen dari jumlah penduduk.

"Untuk di Kota Pariaman sendiri, terdapat kurang lebih 10% lansia dihitung dari seluruh masyarakat di Kota Pariaman," jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Ir. Yutiardi Rifai yang sekaligus Moderator dalam acara itu juga menjelaskan bahwa Kesehatan merupakan milik manusia yang paling berharga, sehingga menjadi aspek yang sangat penting yang perlu diperhatikan oleh semua orang termasuk para lanjut usia.

"Salah satu indikator keberhasilan Pembangunan Kesehatan di Indonesia adalah meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) manusia Indonesia dimana pada RPJMN Depkes UHH dari 70,6 pada Tahun 2010 menjadi 72 Tahun pada 2014," pungkasnya.

Orientasi program tersebut yakni menjadikan lansia di Kota Pariaman tetap sehat Sehingga tidak bergantung dengan orang lain, untuk itu Lucy berharap acara ini nantinya dapat berjalan dengan baik.

"Diharapkan lansia juga tetap semangat," tandasnya.

Nesya/HMS/-OLP
×
Berita Terbaru Update