Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Akun Facebook Ketua Gerindra Padang Pariaman Dibajak, Jutaan Rupiah Disikat Penipu

10 Desember 2013 | 10.12.13 WIB Last Updated 2013-12-10T06:25:25Z
                                         Happy Neldy, kanan



Akun facebook pribadi Ketua Gerindra Padang Pariaman, Happy Neldy, SE, MM, sebulan lalu di hack oleh orang tidak dikenal (OTK). Akibatnya, tanpa sepengetahuan Neldi akun facebooknya tersebut digunakan untuk menipu oleh OTK tersebut.

Seperti yang dituturkan Neldi barusan kepada kami 10/12/2013 di palanta samping BPD, sekitar 2 minggu lalu seorang temannya tertipu oleh OTK tersebut dan terlanjur pula mengirimkan uang sebanyak Rp.2000.000 (dua juta rupiah) ke rekening penipu yang telah membajak akun facebook pribadinya itu.

"Waktu itu saya ditelpon oleh saudara Pis, sahabat saya. Ketua, uang 2.000.000 sudah saya kirim ke rekening. Waktu itu saya baru selesai menunaikan Sholat Jumat, langsung saya temui saudara Pis tersebut," Kata Neldy.

Akibatnya, Neldy langsung membawa Pis ke Bank Nagari untuk cek faktur pengiriman, karena Pis mengirim dari Bank tersebut. Setelah di cek, uang yang dikirimkan Pis memang bukan ke rekening atas nama Happy Neldy. Neldy bersama Pis, hari itu juga langsung membuat Laporan resmi ke Polsek Lubuk Alung.

"Setelah cek ke Bank Nagari, baru diketahui no rekening penipu tersebut, saya lupa namanya, nanti saya cek kembali di rumah. Atas kejadian tersebut kami langsung buat laporan Polisi di Polsek Lubuk Alung," Imbuhnya.

Kejadian serupa tidak hanya menimpa Pis kata Neldy. Anak angkatnya yang berdomisili di Jakarta hampir saja tertipu Rp.10.000.000 (sepuluh juta rupiah).

"Beruntung Anak angkat saya tersebut juga orang IT. Ia langsung curiga dan meminta kepada penipu tersebut melalui chat facebook nomor Ponsel Anak dan Istri Saya. Tentu saja Ia tidak tahu, coba kalau Anak angkat saya tersebut lengah, entah apalah jadinya," Ujar Neldy kesal.

Beruntung, berkat seorang Programer, akun Facebook Happy Neldy berhasil dipulihkan. Dengan kejadian tersebut Neldy jadi lebih hati-hati mengklik link yang dikirimkan Orang melaui chat facebook.

"Setelah Akun Saya berhasil pulih, alangkah terkejutnya saya melihat chat facebook. Pembajak akun saya minta-minta duit kepada puluhan teman saya. Gilanya lagi nominalnya tidak masuk akal, masak minta pake nawar-nawar. Tak dikasih banyak pembajak tersebut minta 300.000, bahkan 200.000 kepada teman saya. Tentu saja kawan saya curiga, masa level saya hanya 200.000. Sekarang Saya disuruh ganti password tap tiga bulan sekali soleh programer yang memulihkan akun saya tersebut," tutup Neldy yang juga seorang pengusaha ini.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update