Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peluang Calon Independent Dalam Pilkada Pariaman

1 Maret 2013 | 1.3.13 WIB Last Updated 2013-02-28T17:30:49Z

Dalam berbagai kesempatan saya acap ditanya bagaimana peluang Independent dalam Pilkada Kota Pariaman. hal ini sulit sekali dijawab tanpa kajian mendalam, di berbagai daerah Calon dari Independent ada juga yang menang dalam Pilkada bahkan dengan Prosentase yang mencengangkan. lalu bagaimana dengan Kota Pariaman peluangnya ?

Disini saya cuma berpendapat. Siapapun pemenang dalam Pilkada Kota Pariaman kelak, langgamnya musti selaras dengan alam Pariaman. artian, orang tersebut musti membumi dan lebih dipercaya oleh masyarakat ketimbang calon lainnya. mereka bisa dari kalangan Parpol atau bahkan Independent, dengan catatan orang tersebut membumi dan bermasyarakat.

mengingat ketersediaan Partai pengusung untuk saat ini terbatas bila dibandingkan banyaknya Balon,Balon dari Parpol besar nantinya saya menduga akan  mencari jalan alternatif bila ia tak diusung Oleh Partainya. kuat dugaan saya mereka akan maju dari jalur Independent. jika kader Potensial dan dikenal luas oleh masyarakat, kemungkinan untuk menang samalah besarnya  . masyarakat lebih percaya ketokohan dibanding Partai pengusung, namun Dominasi Parpol sangat besar dalam hal ini, hanya Calon yang Superior yang akan menang lewat Jalur Independent.

Kita acap melihat, orang yang mampu dan pemikir bagus banyak di daerah ini dan pantas dijadikan pemimpin. namun dalam dunia Politik modal tersebut saja belum cukup. dalam politik ada 3 elemen yang musti dimiliki seseorang sebelum masuk arena politik, baik pertarungan Pileg maupun kepala daerah. tiga elemen tersebut adalah, Performen, dukungan masyarakat dan Finansial. 3 elemen ini musti dimiliki dulu sebelum memutuskan untuk bertarung.

Disini saya berkesimpulan tentang calon dari jalur Independent, jika performennya bagus, lalu dukungan masa kuat, ditukuk pula finansial memadai kemungkinan untuk menang itu sangat ada.

catatan Oyong Liza Piliang


×
Berita Terbaru Update