Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pilkada Kota Pariaman Bak Mencari Emas Diantara Sepuhan Tembaga

6 September 2012 | 6.9.12 WIB Last Updated 2012-09-06T11:57:44Z
                                      alm kol anas malik. foto koleksi elvis betrizon


apa yg menurut kita benar belum tentu baik bagi orang banyak, kita tidak bisa memuaskan segala pihak perihal sesuatu, namun kebenaran yg hakiki waktu jua yg akan mengujinya. abraham lincoln presiden ke-16 amerika ketika memutuskan bahwa semua warga amerika setara secara konstitusi, hal itu dipandang sebagai bentuk arogansi lincoln yg melecehkan konstitusi amerika, sehingga memicu perang saudara yang sangat terkenal antara pasukan union vs yankee. keputusan lincoln yg memicu itu semua adalah budak kulit hitam harus dibebaskan bersebab semua manusia derajatnya sama.. kebijakan ia ditentang oleh mayoritas warga amerika bagian selatan yg bergantung pada budak kulit hitam sebagai kuli dan pembantu budak belian mereka.lincoln dengan tegas mengatakan bahwa manusia tidak boleh diperjualbelikan !

kini apa jadinya amerika? pondasi demokrasi yg ditancapkan lincoln bertegak kokoh ,kini seorang kulit hitamlah yg  memegang tampuk kekuasaan no 1 dinegara tersebut. Obama sangat mengidolakan lincoln ini sebagaimana juga saya dan jutaan penduduk bumi ini lainnya..

"emas lancung tak perlu disepuh,kilat tembaga nampak jua" demikian kata pepatah. emas akan selalu lolos akan ujian karena kemurniannya sebagai logam mulia. begitu juga dengan kebenaran.. lambat laun akan diterima jua oleh kita meskipun waktu yg akan membuktikannya, sebagaimana lincoln dengan kebijakannya.

beralih kita kepariaman.. alm kol anas malik bupati era th 80an juga dipandang arogan semasa ia memimpin daerah ini dulunya, seorang bupati yg bangun dini hari untuk membangunkan warganya dari pintu kepintu guna mengajak solat subuh dengan sepeda ontel. tak cukup sampai disitu beliau juga merazia disepanjang pasir pantai gandoriah dikala pagi yg era itu terkenal sebagai wc terpanjang didunia, beliau tertibkan dgn tegas! meskipun ada juga yg beranggapan beliau arogan karena tak segan-2 menempeleng orang karena buang hajat sembarangan. dan menyuruh setiap rumah memiliki pagar dan menanam pokok dan bunga-2an yg indah agar bisa dimanfaatkan. ternak liar semacam kambing yg berkeliaran tak segan-2 beliau tembak, karena sebelumnya sudah ia ingatkan agar diberi kandang agar tak mengganggu tanaman orang lain dan tak berkeliaran dijalan raya.

kini silahkan anda tanya pada masyarakat pariaman tentang sosok alm kol anas malik? hampir dipastikan semua menjawab merindukan sosok beliau. tegas, agamis, disiplin, berkarakter kuat dan punya visi kedepan.. ikhwal visi ini dampaknya bisa kita rasakan sekarang ini, wc terpanjang tersebut berubah menjadi objek wisata paling terkenal dikota pariaman. beliau takan pernah tergantikan sampai kapanpun.. saya menegaskan hal itu.. jikapun ada pemimpin pariaman ini kedepannya yg berlagak seumpama alm kol anas malik itu hanya tembaga yg bersepuh emas.

namun pemimpin baik akan selalu ada.. dengan karakter yg berbeda-2 pula. jika alm kol anas malik tak tergantikan. maka jika seandainya nanti ada juga pemimpin yg idealis ,tegas, anti KKN, punya integritas moral yg tinggi dan berani mendobrak paradigma sebagaimana alm anas malik dulu, dan punya visi memajukan pariaman.. maka ia akan dikenang jua setelah ia meninggalkan jejak-2 kebaikan yg bermanfaat bagi orang banyak nantinya..meskipun ia dikenang setelah nyawanya berkirap dari badan..

catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update