Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kuda-Kuda Hitam Dalam Pilkada Kota Pariaman

2 September 2012 | 2.9.12 WIB Last Updated 2012-09-02T07:29:19Z

menjelang pilkada kota pariaman yg nantinya akan digelar pertengahan th 2013 suasana politik saya lihat mulai memanas dikota pariaman ini. saya yg orang palanta acap menyimak bahkan berdiskusi tentang topik terhangat akhir-2 ini. pilkada kali ini nampaknya bak gadis semok nan seksi yg banyak diminati pejantan normal yg menaik turunkan jakun-2nya.

tak hanya para politisi lokal yg berminat maju dengan memulai membentuk tim kecil jual kecap no.1. para tokoh perantauan pun saya amati mulai turun gunung dengan mulai memasang spanduk, poster dan kalender sebagai bentuk pengenalan diri pada masyarakat kota pariaman. saya mengamati dengan serius untuk bahan catatan, beberapa nama yg disebut-2 kuda hitam sudah saya kantongi dan mulai saya amati track recordnya .

kebiasaan saya yg sarapan pagi dipalanta-2 "politik" dengan mudahnya saya melihat arus politik kekinian dikota ini. dalam pengamatan saya berdasarkan diskusi dengan beberapa kalangan nampaknya alasan banyaknya kalangan yg berminat maju pada pilkada kali ini karena mereka yakin bahwa pilkada nanti akan star di 0 km alias tanpa majunya incumbent mukhlis rahman bersebab masih berstatus tersangka dalam kasus markup tanah. mereka percaya diri bahwa sp3 mukhlis rahman tidak mungkin akan turun.

sementara Hermi Darlis yg sekarang menjabat wawako dianggap sebagai lawan terberat yg musti mereka waspadai karena selain kader PKS yg terkenal solid juga dikenal sosok yg ramah yg selalu pintu mobilnya terbuka dan suka melambaikan tangan kepada masyarakat dimana ia lewat .

nama-2 baru yg akhir-2 ini sering juga diperbincangkan seperti Ahmad Yani , mardison mahyudin, Efendi Jamal dianggap sebagai kuda hitam yg sangat patut diperhitungkan demikian kata beberapa pengamat politik yg acap berdiskusi dengan saya.

sedangkan partai NasDem Dianggap salah satu partai baru yg sangat diperhitungkan dalam memberikan dukungan politik kepada calon yg nanti akan berlaga.

saya secara pribadi berpendapat pilkada kota pariaman kali ini jika ingin punya bargaining tinggi dan kans menang musti mengawinkan sosok leadership dan kepamongan yg teruji jujur dan punya integritas yg terjaga positif. masyarakat pariaman yg terkenal cerdik dengan kematnya akan menyigi setiap pasangan resmi yg akan diusung parpol maupun independent nantinya..

jadi kalau ditanya kesimpulan dan pendapat saya strategi pemenangan pada pilkada depan ?jawabannya  "pasangan wako-wawako jika ingin menang musti orang yg punya kepribadian tidak tercela, berkarakter strong leadership, cepat, sigap dan anti KKN"..

catatan oyong liza piliang


×
Berita Terbaru Update