Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Negarawan Kita dan "Pantat Hitam" Obama

28 Juli 2012 | 28.7.12 WIB Last Updated 2012-07-28T10:20:34Z



apa jadinya bila suatu negara dipimpin oleh seorang yg bijak bestari, tegas, amanah dan konsisten dalam setiap ucapan dan tindakannya? niscaya bak pepatah minang "mambangkik batang tarandam" akan tervisualisasi dengan cepat dan singkat. dalam setiap sejarah pemimpin dunia yg saya baca pemimpin yg berfikiran radikal dalam artian positiflah yg selalu mengubah dunia. abraham lincoln presiden ke-16 amerika contohnya, meskipun wafat diujung pelor namun seluruh pemikiran besar serta kebijakannya yg dikala itu dipandang sangat tidak masuk akal hingga kini bertengger di top level pemimpin besar dunia sepanjang sejarah.ia benar.. semua manusia berderajat sama . budak kulit hitam yg kala itu diperas tenaganya sebagai babu dengan upah kecil dan dianggap kaum hina ia bebaskan demi kemanusian!


tak mungkin presiden obama sekarang ini menghempaskan "pantat hitamnya" dikursi empuk air force one, gedung putih, dan sofa empuk limosin kepresidenan yg panjang mengkilap dan memiliki teknologi terkini yg amat dirahasiakan. jika tidak ada kebijakan frontal dari seorang abraham lincoln.. begitulah sejarah.. kebenaran akan selalu diuji oleh waktu, kebenaran ialah emas.. yg selalu lolos ujian air raksa dan karat. sekarang setiap ciptaan hebat amerika dinamai abraham lincoln semacam kapal induk yg maha hebat dan sangat besar melebihi pulau angso dipariaman ini. sekali waktu pernah juga jenis kapal induk ini bersandar dipariaman ketika musibah gempa meluluhlantakkan sumbar medio 2009 lalu, saya lupa mengodaknya bersebab sangat sibuknya mengurus posko tanggap darurat kota pariaman, dimana saya mendata setiap relawan dalam dan luarnegeri yg datang kedaerah kami semasa itu, pernah saya berbahasa tarzan dengan relawan dari swis dan perancis  bersebab sama bego dalam bahasa inggris.




pemimpin besar tak lahir secara instan. abraham lincoln mengawali kariernya menjadi prajurit dengan pangkat kopral, kemudian jadi lawyer dan berkali-kali gagal dalam pemilu presiden amerika. namun berkat keyakinan dan kerja keras dan dilandasi membawa semangat perubahan akhirnya sampai juga ia ditampuk orang no 1 dinegara tersebut.begitu pula dengan pemimpin antagonis semacam hitler,mussolini dan stalin, mereka mengekas hingga bisa sampai diatas.




negara kita juga punya pemimpin besar semacam bungkarno dan bung hatta. berkali-kali mereka dibuang belanda karena dianggap membahayakan pemerintahan kolonial hindia belanda dikala itu, namun mereka gigih bersebab punya niat dan keyakinan besar bisa melepaskan negara ini dari belenggu penjajahan. sampai jua mereka pada apa yg dicita-citakan , indonesia diproklamasikan.. dan dipertahankan kedaulatannya dari agresi belanda selama dua episode yg membonceng sekutu.




bagaimana dengan pemimpin sekarang ini? itu sering jadi pertanyaan kita bersama-sama.. sampai dimana kecintaan mereka pada bangsa ini? apakah mereka betul-betul memperjuangkan bangsanya yg kata beberapa kalangan sangat kaya ini.. jika benar kenapa sebagian masyarakat kita masih terjajah oleh belenggu kemiskinan..kenapa yg mengaku negarawan banyak yg dibui bersebab melakukan korupsi yg hampir disetiap lini baik pusat dan daerah-daerah melakukan hal yg sama. seolah-olah ini semacam trend music goyang patah - patah alm micael jackson medio 80-90an, sampai-sampai sayapun ikut pula meniru gaya MJ tersebut.


korupsi adalah biang dari segala biang.. korupsi adalah penjajahan peradaban bangsa oleh mereka yg mengaku wakil dan pejuang rakyat.korupsi adalah bak mata rantai baja galangan kapal yg saling kait mengait dengan erat yg menjerat leher bangsa itu sendiri.. korupsi adalah bom waktu yg suatu ketika dapat meledak dan berakibat inflasi. korupsi ialah pemiskinan pada rakyat sendiri.. dan korupsi hendaknya segera dibasmi dengan tangan besi.. berlakukan hukuman mati..!


catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update