Kampung Baru dan SMK 2 menangkan lomba memasak ikan tingkat Pariaman

 


Pariaman - PKK Desa Kampung Baru berhasil meraih juara pertama lomba memasak berbahan ikan tingkat Kota Pariaman di Pantai Gandoriah Pariaman, Kamis (27/7). Sementara juara dua dan ketiga diraih Desa Pauh Timur dan Desa Pasir Sunur.

Sedangkan untuk tingkat SLTA sederajat, juara pertama diraih SMK Negeri 2 Pariaman yang juga beralamat di Desa Kampung Baru, Pariaman Tengah. SMA negeri 1 Pariaman dan SMK Global, berada di posisi kedua dan ketiga pada lomba yang diikuti oleh 12 sekolah itu.

Ketua Forikan Kota Pariaman, Lucyanel Arlym mengatakan lomba itu diadakan sekaligus dalam momen festifal budaya Hoyak Tabuik Piaman 2023.

Dikatakan istri walikota Pariaman ini, ada dua lomba yang diadakan, yakni memasak kudapan masakan berbahan ikan diikuti 16 peserta unsur PKK, kelurahan dan desa, serta lomba inovasi masakan berbahan ikan tingkat SLTA sederajat.

Menurut Lucy, ikan adalah salah satu sumber protein yang lebih murah dan mudah didapatkan dibandingkan dengan daging.

"Apalagi Kota Pariaman terletak di pesisir pantai sehingga ikan sangat mudah sekali didapatkan oleh masyarakat,” sebutnya.

Lomba tersebut, imbuh Lucy, sebenarnya untuk sarana mengenalkan dan mengkampanyekan makan ikan dan mendorong kreativitas ibu-ibu dan pelajar menyediakan menu berbahan ikan, sekaligus memasyarakatkan gerakan makan ikan kepada semua kalangan.

"Karena manfaat mengkonsumsi ikan ini sangat banyak, terutama sekali memperbaiki dan meningkatkan nilai gizi makanan bagi kita. Dengan memakan ikan, kita juga dapat mencegah terjadinya stunting pada anak dengan kanduagan protein yang tinggi di dalamnya,” terangnya.

Untuk masing-masing pemenang lomba, panitia bemberikan trofi dan uang. Juara satu meraih trofi sekaligus uang sebesar Rp 3 juta, juara dua trofi dan uang sebesar Rp 2,5 juta dan juara tiga trofi dan uang Rp 2 juta. (Juned/*)