Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius akan kirim tenaga kerja ke Korea Selatan

4 April 2023 | 4.4.23 WIB Last Updated 2023-04-04T13:43:45Z

 


Pariaman - Kota Pariaman mendapatkan peluang untuk mengirim sebanyak 100 orang tenaga kerja berketerampilan khusus ke Korea Selatan.

"Khususnya pekerjaan welding (pengelasan) di galangan kapal terbesar di negara itu, yaitu HD Hyundai’s Heavy Industry Group," kata Walikota Pariaman, Genius Umar saat menunjungi Lembaga Pelatihan Kerja Offshore Technology Institute Kiat Global Batam Sukses, Kota Batam, Minggu (2/4).

Oleh karena itu, kata Genius yang belum lama kembali dari berkunjung ke Korea menerima gelar profesor, akan menyiapkan tenaga kerja dengan memberikannya pelatihan.

Disampaikannya, kunjungannya ke Korea juga untuk membuka peluang bagi angkatan kerja Pariaman.

"Hal ini merupakan kesempatan dan peluang baginya agar bisa bekerja di luar negeri," imbuhnya.

Sebelum pengiriman tenaga kerja skill tersebut, pihaknya harus menyesuaikan keahlian dan persyaratan yang ditentukan Korea. Karena itu, perlunya kerjasama dengan lembaga pelatihan yang berkompetensi internasional untuk mendukung hal tersebut.

LPK OTI Batam sendiri, kata Genius, telah mendapat lesensi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Sertifikasi Profes.

"Lembaga ini telah mengirim ribuan tenaga kerja skill ke seluruh dunia," sebutnya.

Pemuda Pariaman akan dilatih selama 16 hari di LPK OTI Batam, kemudian mereka akan mendapatkan serifikat industri internasioanal, dan selanjutnya akan dikirim ke Korea Selatan setelah melewati beberapa proses seleksi yang dilakukan.

Dalam waktu dekat, Genius akan segera menyiapkan gelombang pertama yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang.

"Tahun ini akan kita berangkatkan tenaga kerja ke Korea pada bulan Mei mendatang," tandasnya. (Juned)

×
Berita Terbaru Update