Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gelar TC, Kota Pariaman targetkan juara umum MTQ ke-40 Sumbar

4 Maret 2023 | 4.3.23 WIB Last Updated 2023-03-04T13:23:38Z

 

Foto: Erwin

Pariaman – Sebanyak 120 Calon Kafilah Kota Pariaman mengikuti Training Center (TC) sekaligus seleksi jelang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan pada November 2023 mendatang.

Walikota Pariaman, Genius Umar membuka secara resmi kegiatan tersebut di Mesjid Raya Badano, Desa Bungo Tanjuang, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Sabtu (4/3).

Genius Umar berharap calon kafilah dapat mengikuti TC secara disiplin, serius dan bersungguh-sungguh, sehingga nanti saat mengikuti lomba bisa tampil maksimal dan membawa hasil yang membanggakan bagi Kota Pariaman.

Sebelumnya, Kota Pariaman telah meraih Juara Umum II saat menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-37 Tingkat Sumbar tahun 2017, Juara Umum III MTQ Nasional ke-38 Tingkat Sumbar di Kota Solok dan Juara Umum III MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-39 di Kota Padang Panjang tahun 2021.

“Dengan prestasi tersebut, kita optimis tahun ini bisa meraih Juara Umum I dan menjadi hadiah terbesar untuk masyarakat Kota Pariaman,” ujar Genius.

Genius mengatakan, pemerintah daerah selalu bertekad dalam upaya peningkatkan sumber daya manusia. Karena SDM yang unggul merupakan kunci kemajuan suatu daerah.

“Insya Allah dengan bekal anak-anak mengikuti MTQ ini, kelak anak-anak meraih kesuksesan dan menjadi generasi yang hebat di masa depan,” imbuh Genius.

Genius menegaskan bahwa pendidikan harus nomor satu, karena tujuan dari pendidikan untuk menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa serta memiliki skil yang lebih baik, hal ini disepakati oleh tokoh-tokoh pendidikan di masa lalu.

Hal tersebut juga yang menjadi dasar bagi Pemko Pariaman fokus pada program pendidikan seperti sekolah gratis dari SD, SMP, SMA/SMK sederjat hingga perguruan tinggi melalui Program Sagasaja.

Kabag Kesra Setdako Pariaman, Syamsuardi mengatakan, waktu persiapan kafilah sangat singkat dan TC selanjutnya akan diadakan pada bulan Mei 2023 mendatang.

“Kita minta keikhlasan orangtua dan para guru dari setiap kafilah untuk mendukung anak-anak kita selama pelaksanaan TC ini,” ujarnya.

Syamsuardi menyebutkan, pada MTQ tahun ini Kota Pariaman mengikuti beberapa cabang perlombaan antara lain, tilawah, tartil, qiraat, hifzil, tafsir, kitab standar, khutbah jum’at dan adzan, fahmil, syarhil, hadist, khat. (Erwin)

×
Berita Terbaru Update