Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Umar bicara pengembangan UMKM di Jenewa, Swiss

26 Februari 2023 | 26.2.23 WIB Last Updated 2023-02-26T12:01:33Z

 


Swiss – Walikota Pariaman, Genius Umar meyakini kekuatan Indonesia dan negara berkembang lainnya berada pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Di negara berkembang pelaku UMKM mencapai 90 persen dan menjadi tulang punggung pengerak ekonomi negaranya. Oleh sebab itu kekayaan intelektual sangat penting untuk mengembangkan produk UMKM,” ungkap Genius Umar saat berdiskusi dengan organisasi PBB Word Intelectual Property Organization (WIPO) di Jenewa, Swiss (25/2).

Genius Umar hadir dalam kunjungan kerjanya selaku Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) guna membahas perlindungan hak kekayaan intelektual (Haki).

“Rencana strategi menengah dalam pengembangan kekayaan intelektual ini meliputi UMKM, pemuda dan wanita. UMKM karena mencapai 90 persen, kemudian banyak dilakoni oleh pemuda dan wanita,” katanya.

Genius mencontohkan Kota Pariaman yang dipimpinnya banyak memiliki pelaku UMKM dengan berbagai ide dan inovasi yang terus berkembang.

Selain itu Genius juga mencontohkan Pesta Budaya Tabuik Pariaman yang digelar setiap tahunnya. Hoyak Tabuik menurutnya harus didaftarkan sekaligus mendapatkan pembinaan dari WIPO.

Wakil Direktur WIPO, Hasan, menyebut WIPO telah banyak melakukan pembinaan terhadap UMKM di berbagai negara, termasuk terhadap pelaku usaha perempuan.

"Mereka dilatih untuk branding strategi dan kualitas produk sehingga menghasilkan kelompok wanita tangguh dengan produk UMKM yang berkualitas," katanya. (*)

×
Berita Terbaru Update