Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tabur bunga di TMP Kusuma Bangsa, Danlantamal kenang sejarah juang pangkalan besar ALRI Pariaman

13 Januari 2023 | 13.1.23 WIB Last Updated 2023-01-13T12:10:25Z

 


Pariaman - Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Benny Febri gelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa di Pariaman, Jumat (13/11).

Didampingi langsung Walikota Pariaman, Genius Umar, Danlantamal mengatakan menabur bunga di TMP Kusuma Bangsa Pariaman dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-61 yang rutin digelar tiap tahunnya.

Sementara ziarah ke makam pahlawan di TMP, kata Danlantamal, juga rutin dilakukan oleh matra Angkatan Laut itu setiap momen-momen bersejarah.

Hari Dharma Samudera sendiri diperingati untuk mengenang peristiwa heroik Angkatan Laut Indonesia dalam pertempuran Laut Aru. Momentum pertempuran Laut Aru dijadikan sebagai landasan berbagai peristiwa heroik dalam sejarah TNI AL yang diperingati hari itu.

Pertempuran Laut Aru adalah pertempuran di Laut Arafura, Maluku, 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda. Insiden ini terjadi sewaktu dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Firefly milik Belanda menyerang RI Matjan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653) dan RI Harimau (654) milik Indonesia yang sedang berpatroli pada posisi 04,49° LS dan 135,02° BT.

Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".

Armada Indonesia di bawah pimpinan Komodor Yos Sudarso, yang saat itu berada di KRI Macan Tutul, berhasil melakukan manuver untuk mengalihkan perhatian musuh sehingga hanya memusatkan penyerangan ke KRI Macan Tutul. KRI Macan Tutul tenggelam beserta awaknya, tetapi kedua kapal lainnya berhasil selamat.

Kota Pariaman, kata Danlantamal juga mempunyai sejarah perjuangan Angkatan Laut. Kota Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat Sumatera Barat yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman.

"Berdasarkan sejarah itulah Kota Pariaman bersama Lantamal II Padang mendirikan Monument Angkatan Laut di Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Semoga saja Kota Pariaman betul-betul menjadi kota perjuangan angkatan laut,“ harapnya.

Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi Lantamal II Padang yang telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat kegiatan tabur bunga dalam rangka Hari Dharma Samudera ke-61.

Menurut Genius, Kota Pariaman memang mempunyai sejarah dan pernah menjadi pangkalan besar Angkatan Laut. Ada banyak para pejuang TNI AL yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa karena mempertahankan perairan Pariaman saat diserang oleh Belanda dari gempuran Agresi Meliter Belanda Tahun 1948. Tidak hanya warga Pariaman yang dimakamkan di TMP melainkan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Semoga saja hubungan baik antara Lantamal II Padang dengan Pemko Pariaman semakin erat. Tidak hanya itu, kita juga berharap anak Pariaman akan banyak menjadi TNI AL sehingga sejarah ini akan tetap dikenang,“ katanya. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update