Malam tahun baru, banyak warga Pariaman "kubur" diri di rumah

 

Foto ilustrasi: istimewa/internet

Pariaman - Pengamanan malam penyambutan tahun baru berlangsung aman dan terkendali di Kota Pariaman. Pengamanan meliputi objek wisata penting seperti Pantai Gandoriah, Simpang Tabuik dan sejumlah objek wisata lainnya.

"Pengamanan malam tahun baru berlangsung aman dan sukses. Ini berkat kerjamasama dan dukungan dari semua pihak, terutama Polres Pariaman," ungkap Mardison di Pariaman, Minggu (1/1).

Selama malam pergantian tahun, ujar Mardison, pihaknya melakukan pemantaun di sejumlah potensi titik keramaian. Di daerah tersebut nantinya akan disiagakan personil pengaman dari Pemko Pariaman bersama Polres Pariaman.

"Di samping itu kita juga melakukan imbauan kepada masyarakat melalui perangkat desa agar masyarakat tidak merayakan secara berlebihan, apalagi dengan euforia," tambah Mardison.

Malam pergantian tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelum datangnya pandemi Covid-19. Selain karena belum pulih sepenuhnya dari pandemi, faktor ekonomi juga sangat mempengaruhi.

"Malam tahun baru saya tidur di rumah karena tidak punya uang. Biasanya selalu ada duit beli kembang api buat pesta begadang bersama tetangga - bakar ikan- sekarang kosong," kata Man, warga Pariaman Tengah, Senin (2/1).

Menurut Man, tahun 2022 adalah tahun terburuk sepanjang hidupnya. Sepanjang 2022, pria beranak tiga berusia 49 tahun itu, seluruh tabungannya terkuras untuk membayar cicilan dan memenuhi kebutuhan harian keluarga.

"Tidak banyak uang beredar di Pariaman selama 2022. Tidak hanya saya yang mengeluh, teman yang PNS saja juga mengaku merasakan," katanya.

Tidak berbeda, seorang ibu rumah tangga dari Pariaman Selatan bernama Ri (42) juga merasakan krisis keuangan sepanjang tahun 2022.

"Jika saya tidak ikut bekerja, kami sekeluarga tidak makan. Suami sehari kerja, seminggu nganggur," kata ibu beranak dua ini.

Oleh sebab itu Ri juga tidak keluar rumah selama malam pergantian tahun. Ia bersama keluarga memilih mengubur diri dalam selimut sementara pergantian tahun di rumahnya.

"Semoga tahun 2023 ini lebih baik, terutama ekonomi," harap Ri. (OLP)