Genius resmikan TK Negeri ramah lingkungan hidup di Pariaman Timur

 

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meresmikan pemakaian gedung sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 01 di Kecamatan Pariaman Timur, Jumat (20/1).

Sesuai dengan aturan yang ada, kata Genius, setiap kecamatan di Kota Pariaman telah memiliki TK. Baik TK Negeri maupun TK Pembina.

"Apa yang kita cita-citakan bersama telah tercapai karena di setiap kecamatan yang ada telah memiliki TK Negeri," kata Genius.

TK Negri 01 Pariaman Timur berdiri di lokasi strategis yang berdekatan dengan UPTD Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Pariaman Timur. Bangunan dikelilingi berbagai vegetasi yang menambah kesan ramah lingkungan.

"Dengan suasana yang asri dan tenang TK ini memiliki nilai lebih dalam pembelajaran terkait tumbuh-tumbuhan, lingkungan dan alam," imbuh Genius.

Kelebihan lainnya terkait lokasi TK Negeri 01 tentu saja praktek lingkungan bagi anak yang tidak perlu lagi ke lokasi lain dan berkotor-kotor. Selain itu para petugas UPTD BPP juga bisa menjadi guru pengajar di sana.

"Petugas BPP Kecamatan Pariaman Timur dapat menjadi guru pengajar di sini sehingga akan memajukan motorik dan pengetahuan dari anak-anak TK ini nantinya," ujarnya.

Dengan adanya TK Negeri atau TK Pembina, Genius mengimbau jangan sampai dianggap sebagai saingan bagi PAUD atau TK lainnya yang ada di Kecamatan Pariaman Timur,

"Tetapi jadikan TK Negeri ini sebagai acuan dan contoh bagi TK dan PAUD lainya,” tandasnya.

Pembentukan TK Negeri merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Kesetaraan merupakan urusan pemerintahan wajib yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Berdasarkan PP tersebut, Genius menerbitkan Instruksi Walikota Pariaman nomor 420/1429/Dikpora-2021, tentang Percepatan Pelaksanaan Program Perluasan Akses dan Peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kota Pariaman. (Juned/OLP)