Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bagikan ratusan sembako, Mardison ajak warga goro bersihkan saluran air guna hindari banjir

25 Januari 2023 | 25.1.23 WIB Last Updated 2023-01-25T12:45:48Z

 

Foto: Erwin

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin membagikan ratusan paket sembako untuk warga yang terdapak banjir di sejumlah desa yang ada di Kota Pariaman, Selasa (24/1).

Banjir yang jarang sekali terjadi di Kota Pariaman ini diakibatkan tingginya curah hujan sepanjang Senin (23/1) hingga membuat sejumlah sungai meluap dan menggenangi desa dan kelurahan di sepanjang bantaran.

Tingginya curah hujan di wilayah Padangpariaman juga menjadi pemicu meluapnya sungai-sungai di Kota Pariaman sebagai hulu dari aliran sungai. Untuk wilayah Padangpariaman, ribuan rumah warga juga terendam banjir hingga dilakukan evakuasi oleh Pemkab Padangpariaman.

"Sejak Senin malam, saya bersama Walikota Genius Umar secara marathon mengunjungi wilayah terdampak banjir. Mulai dari Desa Marabau, Rambai, Cubadak Mentawai, Cubadak Air, Tungkal Selatan dan Desa Bato," ungkap Mardison didampingi istri, Indriati Mardison.

Selain membagikan ratusan kilo beras dan puluhan dus mie instan, Mardison juga mengimbau kepada warga agar mewaspadai banjir susulan karena Kota Pariaman masih dalam musim hujan.

Sementara untuk mengatasi dampak risiko banjir, Mardison mengimbau agar masyarakat membersihkan saluran air secara gotong royong di desa masing-masing.

"Karena penyebab utama banjir diakibatkan oleh sumbatan di saluran air. Mampet dan tidak lancar. Dengan membersihkannya dari sampah, air akan kembali mengalir lancar ke hilir," imbuh Mardison.

Apa yang disampaikan Mardison terbukti saat ia membantu warga bergotong royong membersihkan saluran air di Desa Marabau.

"Jangan membuang sampah ke sungai dan saluran air karena akan menyumbat aliran. Apalagi sampah plastik," imbau Mardison. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update