Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius minta para Dai ajak masyarakat rutin berzakat

15 Desember 2022 | 15.12.22 WIB Last Updated 2022-12-15T12:38:40Z

Foto: Desi

 Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengajak para Dai se Kota Pariaman ikut sosialisasikan tanggung jawab bersedekah dan berzakat kepada masyarakat, Kamis (15/12).

"Sebagai muslim kita memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan zakat kepada yang berhak menerimanya. Akan tetapi tidak semua muslim mau memberikan zakat karena mereka berpikir mereka juga butuh untuk diberi zakat," ungkap Genius Umar.

Terkait hal tersebut menurutnyamemang perlu diberikan kembali sosialisasi yang tepat mengenai zakat kepada masyarakat agar lebih mengerti kewajiban mereka dan mau menginfakkan sedikit rezeki untuk para mustahik.

"Dan posisi yang tepat untuk menyampaikan hal itu kepada umat muslim di Kota Pariaman adalah Dai dan Daiyah," terangnya.

Sedangkan bagi pegawai di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, kata Genius, adalah tugasnya dengan cara mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang isinya adalah semua pegawai harus membayar zakat, sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan.

Sementara untuk memperbesar penerimaan zakat, Baznas Kota Pariaman bersama Pemko juga turut mengunjungi masyarakat perantauan yang memiliki potensi luar biasa untuk membayar zakat supaya menambah deposit angka di Baznas Kota Pariaman.

Dengan adanya Baznas sebagai penyalur zakat dengan program-program yang sinkron dengan Pemko Pariaman, sambung Genius, pemberian berjalan dengan baik untuk kemaslahatan umat, terbukti melalui zakat program bidang pendidikan telah berhasil mengangkat derajat pendidikan dan perekonomian masyarakat kurang mampu di Kota Pariaman.

"Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini, Dai dan Daiyah menjadi garda terdepan untuk melaksanakan sosialisasi zakat ini keseluruh desa/kelurahan yang ada di Kota Pariaman,” pungkas Genius.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit menambahkan sosialisasi itu juga dalam rangka menjalin silturahmi antara Dai dan Daiyah Kota Pariaman dengan Pemerintah Kota Pariaman.

"Guna menyatukan persepsi tentang apa itu zakat dan bagaimana cara pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat itu sendiri untuk semata-mata kemaslahatan umat," ujarnya.

Dengan adanya bantuan dari para Dai menurutnya akan menyemarakkan zakat di masjid-masjid, kantong-kantong pendapatan lainnya sehingga dana yang terkumpul bisa disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update