Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disaksikan Kaperpusnas, dr Lucy dikukuhkan jadi Bunda Literasi Kota Pariaman

30 Desember 2022 | 30.12.22 WIB Last Updated 2022-12-30T12:57:47Z

 


Pariaman – Ketua PKK Kota Pariaman, dr Lucy Genius dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Pariaman periode 2022-2024, Rabu (28/12.

Lucy dikukuhkan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar dan disaksikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) M Syarif Bando dalam acara pengukuhan bertajuk "Literasi untuk Kesejahteraan".

"Literasi akan membuka wawasan, membuka cakrawala dan akan mencerdaskan kita, sehingga literasi itu nantinya akan mensejahterakan kita dengan semua ilmu pengetahuan yang kita dapat dari literasi itu sendiri," ungkap Genius Umar.

Untuk menggiatkan budaya membaca di Kota Pariaman, Genius Umar berjanji akan mengeluarkan Perwako yang berisi mewajibkan semua pelajar dari pendidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, bahkan Perguruan Tinggi agar ikut menjadi anggota perpustakaan di Kota Pariaman.

"Agar budaya membaca menjadi salah satu kegiatan utama pelajar supaya tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif,” kata Genius.

Dengan dikukuhkannya Bunda Literasi Kota Pariaman sekaligus Bunda Literasi Kecamatan dan Bunda Literasi Desa/Kelurahan, imbuh Genius, tugas mengampanyekan gerakan nasional gemar membaca di Kota Pariaman bisa semakin aktif disuarakan guna mendorong minat baca.

"Sehingga terwujud figure literasi yang mempunyai peran penting untuk menghidupkan budaya literasi, baik dilingkungan keluarga, pendidikan, dan masyarakat,” kata Genius.

Kepala Perpusnas M Syarif Bando mengatakan kebiasaan membaca dan menulis teramat penting dibudayakan jika negeri ini ingin maju.

"Kami mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariaman yang telah mau mengimplementasikan kegiatan ini sebagai langkah utama untuk mencerdaskan anak bangsa dengan cara telah berani melakukan peletakan batu pertama pendirian pusat literasi di Kota Pariaman," katanya.

Sementara dalam rangka membuka akses literasi masyarakat dan seiring perkembangan teknologi digital, pihak Perpustakaan Nasional telah membuat konten-konten digital (e-book) sejumlah 84.888 judul dengan 963.259 copy yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui aplikasi iPusnas yang dapat didownload pada Playstore di perangkat Android. (Desi)

×
Berita Terbaru Update