Goro pembukaan jalan antardesa di Pariaman Timur berlangsung lancar

Foto: Junaidi

Pariaman - Pembukaan jalan baru yang menghubungkan Desa Kampung Baru Padusunan dengan Desa Cubadak Air Selatan memasuki hari ke sembilan. Pengerjaan pembukaan jalan tersebut dilakukan secara gotong royong.

"Jalan ini menganut konsep waterfront city di sepanjang aliran irigasi Dusun Bulakan," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Rabu (9/11).

Genius menurunkan dua unit alat berat guna membantu proses gotong royong membuka jalan sepanjang 500 meter dengan variasi lebar 4 sampai 8 meter.

Jalan tersebut menurutnya akan jadi jalan utama antara dua tersebut. Dengan terbukanya jalan itu akan membantu masyarakat, terutama ekonomi.

"Partisipasi masyarakat bergotong royong perlu diapresiasi. Peran yang mereka lakukan dengan [enuh kesadaran," sambungnya.

Sebelum dilakukan gotong royong pada 30 Oktober lalu, Genius sudah mendiskusikannya dengan tokoh masyarakat setempat, termasuk pejabat strukturan PUPR yang mengerahkan dua unit alat berat.

“Dalam diskusi, salah seorang masyarakat meminta kalau jalan di bawah ini bisa kita buka maka akan memperbaiki akses kami ke kawasan pertanian yang ada di bawah. Secara spontan, saya langsung jawab pertanyaan tersebut bahwa kalau masyarakat dan kepala desa mau gotong royong, akan saya kirim alat berat untuk membentuk badan jalan,” ungkapnya.

Karena itu, besok paginya Senin 31 Oktober 2022, Genius datang ke lokasi di Dusun Bulakan jam 7.30 WIB diikuti juga oleh masyarakat yang sudah mulai berkumpul di sana.

“Melihat keseriusan masyarakat mulai dari kepala desa, kepala dusun, pemuda, ibu-ibu, saya menilai ini berarti masyarakat betul-betul serius dengan keberadaan jalan yang akan dibuat ini,” terangnya. (Juned/OLP)